Tips Menjaga Kesehatan Ayam Agar Berumur Panjang

Tips Menjaga Kesehatan Ayam Agar Berumur Panjang

Posted on

Memelihara ayam selain menguntungkan juga memiliki banyak tantangan, salah satu tantangannya adalah ayam bisa terserang penyakit, terutama di musim penghujan dan musim pancaroba.Namun hal itu bukan tidak ada solusinya. Banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga ayam tetap sehat.

Ayam yang sehat akan menghasilkan panen yang melimpah berupa daging dan telur yang berkualitas.

Untuk itu penting bagi peternak ayam untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar kesehatan ayam tetap terjaga. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tentunya agar memiliki ternak ayam yang sehat, ayam juga harus berasal dari bibit yang unggul, sehingga yang perlu kita lakukan hanya menjaga kesehatannya saja.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan ayam.

Pemberian Vaksin

Ayam berisiko terkena virus jika tidak diberi vaksin, seperti yang terjadi pada tahun 2004, yaitu tragedi flu burung yang mengakibatkan banyak ayam mati mendadak dan membuat banyak peternak ayam menderita kerugian besar.

Pemberian vaksin pada ayam bisa dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali, hingga ayam siap dipanen. Pemberian vaksin yang teratur akan membuat ayam kebal dari penyakit yang diakibatkan virus.

Jenis-jenis vaksin untuk ayam diantaranya, vaksin ND, vaksin gumboro dan vaksin AI atau Avian Influenza atau disebut juga flu burung.

Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang juga sangat menentukan tingkat kesehatan ayam, terutama bagi ayam yang berada di kandang secara terus menerus seperti ayam broiler dan ayam-ayam lainnya yang dibudidaya secara intensif.

Di kandang ayam biasanya banyak kotoran yang dapat membuat kandang menjadi pengap sehingga menggaggu kesehatan ayam seperti kotoran ayam itu sendiri, kotoran dari sisa makanan dan daun-daunan yang membusuk. Kotoran-kotoran ayam yang membusuk tersebut membuat kadar amonia di kandang menjadi tinggi, yang akan membuat ayam menjadi tidak nafsu makan.

Untuk itu bersihkan kandang ayam secara rutin, kira-kira sekitar 2 kali sehari, selain itu dalam membuat kandang juga harus dibuat agar mudah dibersihkan seperti membuat ukuran kandang yang cukup luas, agar anda sebagai peternak tidak enggan dalam membersihkan kandang karena sempitnya kandang.

Pisahkan Ayam yang Sakit

Selain beberapa hal di atas anda juga harus selalu memantau kondisi kesehatan ayam, agar jika ada ayam yang sakit bisa segera diketahui dan segera ditangani sebelum terlambat. Karena jika terlambat ditangani bukan hanya ayam yang sakit tidak akan selamat, tapi juga akan membahayakan kesehatan ayam-ayam lainnya.

Sediakan kandang karantina terpisah untuk mengarantina ayam yang sakit sampai sembuh, agar penyakitnya tidak menular.

Jika ada ayam yang mati, maka ayam tersebut perlu dibakar untuk menghindari menularnya penyakit mematikan pada ayam-ayam yang lain.

 

Pakan Bergizi

Ayam memerlukan makanan dengan kandungan gizi yang seimbang seperti kabohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Berilah makanan secara teratur dan sesuai kebutuhan gizi ayam.

Makanan bisa diberikan kepada ayam sebanyak 3 kali sehari, sementara minuman ayam bisa diganti minimal sebanyak 2 hari sekali.

Setiap ayam juga memiliki periode pertumbuhannya masing-masing seperti periode starter, periode grower dan periode finisher. Setiap periode pertumbuhan, ayam memerlukan nutrisinya masing-masing, untuk itu anda juga harus memberikan nutrisi yang sesuai untuk setiap periode pertumbuhan ayam.

Ventilasi Udara

Hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan ayam adalah pemberian ventilasi yang memadai. Ventilasi yang baik akan menjaga agar udara di dalam kandang ayam tetap segar, dan suhu udara juga tidak terlalu tinggi.

Untuk peternakan ayam skala besar bisa memasang kipas angin gantung di dalam kandang sehingga kesegaran udara bisa lebih terjaga.

Kelembaban Kandang

Tingkat kelembaban kandang yang tinggi juga akan membuat ayam terserang penyakit, karena dinginnya udara.

Biasanya di musim penghujan kandang ayam dapat menjadi sangat lembab. Oleh karena itu jagalah kandang agar tetap hangat bagi ayam, terutama di musim penghujan.

Meskipun suhu udara rata-rata di Indonesia tergolong sangat ideal bagi ayam, tapi di bulan-bulan tertentu suhu udara juga dapat mencapai sekitar 18°C.

Kepadatan Kandang

Tingkat kepadatan kandang yang berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan ayam, jadi sebaiknya anda tidak memasukkan terlalu banyak ayam ke dalam sebuah kandang yang sempit.

Kepadatan kandang ayam yang terlalu tinggi dapat membuat suhu udara di kandang jauh dari ideal bagi ayam yaitu sekitar 28°C. Selain itu ayam juga jadi sulit beraktifitas yang akan membuat ayam jadi stress karena merasa dinatasi. Semakin banyaknya ayam juga akan membuat kotoran semakin banyak yang berakibat pada tingginya kadar amonia di dalam kandang, yang akan membuat ayam tidak nafsu makan.

Banyak upaya yang bisa kita lakukan agar ayam tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat terutama di musim penghujan dan pancaroba. Beberapa hal di atas adalah contohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *