Kenali Teknik Budidaya Jagung Yang Benar Agar Hasil Maksimal

Kenali Teknik Budidaya Jagung Yang Benar Agar Hasil Maksimal

Posted on

Budidayaalam.com – Budidaya jagung bukan suatu hal yang aneh bagi hampir semua masyarakat di Indonesia. Setiap orang pasti mengenal tanaman satu ini. Semua orang pasti tahu dengan jagung. Jagung sendiri merupakan salah satu jenis komoditi jenis biji-bijian yang umumnya dijadikan sebagai sumber energi.

Sehingga jika Anda mengonsumsi jagung sebagai sarapan di pagi hari, maka secara tidak langsung tentu sudah mengisi energy seseorang. Jagung sendiri bisa diolah menjadi makanan apa saja. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan kepada siapa saja yang ingin membudidayakan tanaman jagung.

Apabila penasaran, maka Anda bisa membaca sedikit ulasan mengenai cara budidaya jagung agar bisa membudidayakan jagung dengan baik dan benar. Semakin Anda mengetahui bagaimana cara untuk membudidayakan tanaman jagung, maka tentu saja nantinya bisa menghasilkan kualitas dari jagung yang cukup bagus.

Membudidayakan tanaman jagung sendiri memang bukan hal sulit. Sedangkan yang harus dilakukan ialah Anda percaya dengan kemampuan sendiri. Sehingga Anda bisa menemukan beberapa cara tepat untuk membudidayakan tanaman jagung untuk mendapatkan hasil maksimal. Ketahui jenis varietas jagung dulu sebelum Anda mulai menaman jagung.

Menanam Jagung dengan Hasil Melimpah

Tanaman jagung punya beberapa jenis varietas yang dapat ditanam. Beberapa jenis varietas jagung tersebut diantaranya ialah baby corn, jagung manis, jagung warna warni, jagung hibrida, dan masih banyak lagi jenisnya. Anda harus tahu varietas apa saja yang dipunya oleh tanaman jagung.

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan jenis varietas unggul untuk bisa mendapatkan jagung dengan kualitas terbaik. Jika Anda sudah tahu mengenai apa saja jenis varietas tanaman jagung. Selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara budidaya jagung dengan baik dan benar.

Untuk menanam jagung, maka yang Anda butuhkan ialah beberapa jenis alat pertanian, bibit jagung, dan juga pastikan punya lahan untuk menanam jagung tersebut. Komponen tersebut wajib untuk Anda siapkan terlebih dahulu sebelum mulai menanam jagung. Peralatan standar merupaan salah satu kebutuhan alat pertanian yang sangat penting untuk Anda miliki.

Beberapa langkah bisa Anda terapkan jika ingin membudidayakan tanaman jagung dengan benar, salah satunya ialah dengan memilih varietas jagung. Pastikan Anda mengenal varietas jagung yang akan ditanam dan cara memilihnya. Memilih bibit jagung, Anda harus memahami beberapa kondisi pada bibit jagung sebelum dibeli nantinya.

Pertama ialah menyeduaikan dengan bibit yang Anda punya dengan keadaan lahan. Hal ini sering kali terjadi pada pemula dan membuat tanaman jagung tidak maksimal. Untuk cara budidaya jagung selanjutnya Anda harus memperkirakan dengan benar jumlah bibit yang dibutuhkan pada lahan.

Mengelola Lahan Untuk Membudidayakan Jagung

Kini untuk membeli bibit jagung yang bagus, Anda tidak perlu merasa khawatir. Sebab di toko pertanian Anda bisa menemukan banyak sekali varietas jagung unggul yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membudidayakan tanaman jagung dengan benar, maka selain memilih bibit unggul, Anda juga harus melakukan pengolahan tanah dengan benar.

Anda harus tahu bagaimana pengelolaan lahan dengan benar sebagai salah satu teknik budidaya jagung yang bagus, agar maksimal hasil jagungnya. Sebab lahan untuk menanam jagung sendiri juga mempunyai aturan sendiri dan tidak boleh asal menanam begitu saja pada lahan kosong.

Untuk tanam jagung dengan tepat, maka Anda bisa memenuhi beberapa syarat yang ada. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dulu syarat-syarat tersebut, agar tidak mengalami kerepotan nantinya ketika menanam bibit. Syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk mengelola lahan tanaman jagung seperti mengatur pH tanah.

pH tanah yang tepat untuk digunakan menanam tanaman jagung ialah 5,6 hingga 7,7. Pastikan pH tanah pada lahan yang digunakan tidak kurang atau bahkan lebih. Selain itu, Anda juga harus memastikan jika lahan yang Anda gunakan sudah mengandung unsur hara dalam jumlah banyak dan juga subur tanahnya.

Teknik budidaya jagung dalam pengolahan tanah ini harus Anda terapkan dengan benar. Saat membuat bedengan pada lahan, maka pastikan lahan yang akan digunakan ditebarkan dengan pupuk organic dulu sekitarnya. Hal ini akan membantu untuk membuat tanah subur. Sehingga hasilnya bisa maksimal.

Penanaman Bibit Jagung

Apabila Anda sudah memenuhi syarat dalam hal pengolahan lahan, maka tentu saja bisa mendapatkan hasil jagung dengan kualitas terbaik. Bahkan bukan hanya itu saja, jagung dengan kualitas terbaik bisa memberikan nilai tambah untuk harga jual jagung yang Anda punyai tersebut. Tentu saja hal ini merupakan keuntungan sendiri bagi Anda.

Untuk selanjutnya, cara budidaya jagung yang benar untuk mendapatkan hasil maksimal ialah mengenai penanaman bibit jagung. Hal ini ialah inti untuk membudidayakan jagung. Pada langkah proses tanam benih jagung ini memang sangat mempengaruhi hasil dari yang diinginkan oleh masing-masing petani.

Sehingga sangat penting untuk Anda agar selalu berhati-hati saat melakukan penanaman benih jagung. Untuk itu Anda harus memperhatikan langkah-langkah yang tepat untuk menanam benih jagung pada lahan. Pertama Anda bisa membuat bedengan di lahan yang akan Anda gunakan untuk menanam.

Kemudian Anda harus menanam bibit jagung dengan kedalaman sekitar 3 sampai 5 cm. Pastikan dalam satu lubang tersebut Anda isi dengan dua biji bibit jagung. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Dengan demikian jagung yang tumbuh tidak banyak dan buah jagung bisa besar saat berbuah.

Selanjutnya Anda bisa menutup lagi lubang yang sudah diberikan benih kemudian disiram menggunakan air. Pastikan Anda melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas hasil budidaya jagung yang bagus. Proses tersebut memang sederhana, namun jika Anda asal maka hasilnya juga kurang bagus.

Baca Juga : Cara Budidaya Jagung Manis Yang Benar Agar Berhasil

Memelihara Tanaman Jagung

Pastikan saat Anda melakukan penanaman bibit jagung tidak asal-asalan dan dikerjakan dengan serius, apabila Anda sudah melakukan tanam jagung. Maka memelihara tanaman jagung merupakan langkah yang harus dilakukan oleh setiap orang. Dengan demikian tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik dan maksimal hasilnya.

Teknik budidaya jagung selanjutnya yakni dengan memelihara tanaman jagung. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memelihara tanaman jagung. Apabila Anda berhasil saat melakukan pemeliharaan, maka tentu hasil panen yang didapatkan akan maksimal dan melimpah serta kualitas tanamannya bagus.

Penyulaman ialah hal penting yang harus diperhatikan. Tamanan jagung ini memang perlu disulam. Hal ini merupakan salah satu langkah sangat penting yang harus dilakukan. Pastikan Anda melakukan penyulaman dengan benar. Hanya dalam waktu satu minggu Anda harus melaksanakan penyulaman dan pastikan tidak terlambat.

Selanjutnya ialah penjarangan. Hal ini juga harus Anda lakukan untuk mengontrol tanaman jagung. Anda bisa melakukan langkah ini ketika usia jagung satu minggu. Ada juga pembubunan. Langkah ini merupakan penggalian parit untuk membuat tanaman jagung menjadi lebih kokoh dan tidak goyah.

Teknik pemupukan dan pengairan ini juga sangat penting untuk dilakukan agar menambah unsur hara pada tanaman. Anda juga harus mencegah hama tanaman dengan membersihkan rumput atau gulma. Jika Anda merawat dengan baik, maka hasil yang didapatkan dari budidaya jagung juga akan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *