Mengetahui Masa Panen Jagung yang Sudah Layak Dikonsumsi

Posted on

Bagi semua petani, masa panen jagung adalah masa yang paling dinantikan di akhir masa pertumbuhan. Jagung bisa dipanen setelah memasuki umur sekitar 60 hari setelah tanam hingga 150 hari setelah tanam. Saat ini tanaman jagung sedang melesat tinggi permintaannya, karena banyak manfaat yang terkandung di dalam jagung.

Manfaat jagung sangat bermacam-macam dimanfaatkan mulai dari bahan pangan, seperti jagung bakar, jagung manis, sayuran jagung, dan lainnya. Jagung juga bisa dijadikan sebagai bahan pangan ternak. Kandungan di dalam jagung juga mempunyai nilai karbohidrat yang tinggi, protein, serta vitamin-vitamin di dalamnya sangat melimpah.

Untuk Anda yang belum mengetahui masa panen jagung berapa bulan sih? Kami akan mengulasnya disini. Anda bisa mengetahui kapan masa panen tiba. Pastikan Anda memperhatikan secara utuh pembahasan ini sampai habis. Kami akan menuliskan artikel ini secara detail dan rinci. Mari masuk ke topik pembahasan.

Tidak sedikit orang-orang yang menanyakan umur jagung dari tanam hingga panen itu berlangsung berapa lama. Jagung rata-rata pada umumnya bisa dipanen dalam kisaran dua bulan saja, untuk itu mudah bagi petani untuk melakukan perawatan. Waktu panen, kebanyakan petani meraih keuntungan daripada kerugian.

Masa panen jagung relatif singkat bukan, para budidaya jagung jenis hibrida maupun jagung manis tidak perlu menunggu waktu lama untuk memetik apa yang sudah ditanamkan. Pada saat waktunya panen sudah tiba dan selesai, ternyata masih ada hal yang harus dilakukan oleh para petani, yaitu mengolahnya pasca panen.

Umur Jagung Siap Panen

Lebih jelasnya ketika kapan jagung siap dipanen, ketika tanaman jagung sudah mengeluarkan bunga dan sudah mulai muncul biji pertanda akan tiba masa panennya. Untuk Anda yang akan bercocok tanam tanaman jagung tentu harus sudah siap alat dengan semua hal terkait pemanenan.

Tanda munculnya masa panen jagung adalah keluar biji dan bunga jagung tadi. Hal tersebut biasanya muncul di umur 40an hari setelah tanam. Setelah melewati proses 40 hari tersebut maka akan tumbuh biji-biji kecil sampai memenuhi buah jagungnya. Lalu ketika memasuki umur 60 hari petani sudah bisa memanen jagung.

Jika Anda ingin memanen jagung manis, usahakan dipanen pada umur 63 hari. Karena saat itulah jagung akan tumbuh dengan rata dan maksimal. Ketika jagung manis sudah memasuki usia ini sebaiknya segera panen, jangan sampai melebihi 68 hari dikarenakan dapat membuat tanaman jagung sudah tidak manis lagi.

Berbeda dengan selain jagung manis, masa panen jagung bisa lebih lama. Contohnya jagung hibrida, akan dipanen pada hari ke 150 pun juga tidak akan berpengaruh terhadap rasa jagungnya. Hanya saja, di umur jagung yang sudah tua menjadikan jagung lebih kering dan berkerut.

Selain berkerut dan menjadi kering, jagung dipanen pada usia tua umumnya warna sudah berubah menjadi kecoklatan. Hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk memenuhi kebutuhan peminat jagung kering. Kebanyakan petani memanen hasil tanamnya pada pagi hari karena bisa melihat hasil jagung dengan jelas.

Perawatan Saat Menanam Jagung

Kebanyakan dari petani bisa gagal panen hanya karena kurang perawatan. Dalam membudidaya tanaman jagung harus melakukan perawatan yang rutin. Kegiatan merawat jagung dapat membantu meningkatkan kualitas panen jagung serta mempercepat jagung menjadi siap dipanen. Usahakan untuk mengecek tanaman jagung setiap saat agar terhindar dari gagal panen.

Masa panen jagung berhasil atau tidaknya tergantung dari tempat untuk menanam jagung. Sebelum Anda melakukan penanaman jagung, sebaiknya mengecek dulu apakah lahan tanah cocok untuk ditanami jagung manis, hibrida, atau jenis lainnya. Biasanya menanam di dataran rendah lebih cepat tiba masa panen daripada di dataran tinggi.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentunya Anda harus mengetahui cara tanam jagung. Mulai dari serangkaian pemilihan lahan sampai pemanenan. Kami akan menjelaskan mengenai langkah-langkah menanam jagung yang benar. Setelah mengetahui langkah itu Anda bisa mencoba sendiri di lahan budidaya tanaman jagung Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan masa panen jagung berapa bulan dengan hasil maksimal, maka Anda harus mencari bibit benih jagung unggulan. Usahakan Anda mencari di toko pertanian, disana bakal ada banyak bibit jagung dengan kualitas bagus daripada membeli jagung di pasaran sekitar rumah.

Setelah Anda sudah mendapatkan biji jagung, hal yang harus Anda lakukan berikutnya yaitu mengolah lahan tanah Anda. Saat pengolahan lahan tanam, tanah harus digemburkan terlebih dahulu supaya dapat membantu akar dalam menyerap unsur hara saat berlangsungnya pertumbuhan jagung. Penggemburan bisa dilakukan dengan bajak, agar bisa menghasilkan lahan yang baik.

Proses Penanaman Jagung

Selesai pengolahan lahan tanam, selanjutnya Anda bisa menanami tumbuhan jagung jenis apa saja di dalam lubang yang sudah dibuat. Berikan jarak 30 cm antar tumbuhan jagung, dan beri jarak 60 cm untuk barisan jagung lain supaya bisa digunakan untuk lewat petani dalam memberikan pupuk.

Masukan biji maksimal dua biji pada setiap lubang agar kualitas tetap terjaga saat masa panen jagung tiba. Masukan biji jagung tadi di lubang tanah berkedalaman 5 cm. Habis itu tutup lubang tadi sampai tertutup rapat, lebih baik buat gundukan untuk memberikan pola saat pemupukan.

Setelah sekian lama ditanam, Anda bisa memberikan tambahan pupuk organik ke dalam tanah. Caranya cukup mudah yaitu tinggal campurkan pupuk dengan tanah. Syaratnya harus mengikuti takaran atau dosis di tiap ukuran lahan tanam. Pupuk diberikan secara berkala, kalau bisa hindari penggunaan pupuk berbahan kimia.

Habis melewati serangkaian kegiatan diatas, maka Anda tinggal menunggu masa panen jagung berapa bulan tergantung faktor-faktor yang ada di sekitar lahan tanam. Pemanenan jagung secara manual akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak, setelah dipanen sebaiknya langsung jemur jagung sampai kering.

Negara Penghasil Jagung

Ketika Anda sudah mengetahui berapa lama panen jagung akan tiba serta mengetahui cara penanaman jagung yang benar, tentunya tidak lengkap jika Anda tidak tahu negara penghasil tanaman jagung terbesar sedunia. Berbagai metode menanam berbeda tergantung masing-masing cara negara dalam upaya budidaya tanaman jagung.

Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi kapan masa panen jagung akan datang. Hal tersebut membantu Anda dalam menghasilkan kinerja yang lebih giat dalam pengembangan tanaman jagung. Penghasil tanaman jagung terbesar di dunia berasal dari negara Tiongkok, Brazil, Ukraina, Argentina dan Amerika.

Karena mereka tidak hanya menggunakan jagung sebagai bahan pangan saja, tetapi juga memanfaatkannya dalam kebutuhan bahan bakar serta penggunaan bahan dasar etanol. Di era sekarang teknologi sudah berkembang pesat menjadikan negara-negara maju berlomba untuk menghasilkan produk terbaik mereka untuk dijual lagi ke mancanegara seluruh penjuru dunia.

Setelah mengetahui beberapa langkah dalam menanam tanaman jagung, dan kapan tiba masa panen dari tanaman jagung diharapkan bisa membuat Anda lebih bersemangat saat membudidayakan tanaman jagung. Lakukan budidaya dengan penuh ketelitian dan cermat, otomatis saat masa panen jagung, hasilnya bisa memuaskan hati Anda.

Keyword: Masa panen jagung, masa panen jagung berapa bulan

Diskripsi: Sebuah penjelasan tentang berapa lama masa panen jagung tiba, memberikan informasi kepada pembaca dan petani agar lebih mengetahui tentang budidaya jagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *