ayam petelur

Mengenal Ayam Petelur dan Pedaging Beserta Jenis-jenisnya

Posted on

Siapa yang nga kenal ayam? Semua orang pasti tahu ayam. Tapi tidak semua orang tahu secara detail tentang ayam.

Maksudnya tahu secara detail adalah bukan hanya warna telurnya saja atau rasa dagingnya saja, tapi juga cara merawatnya, apa makanannya dan apa jenis-jenisnya.

Tidak tahu secara detail tentang ayam tentunya sah-sah saja jika anda hanya pengkonsumsi daging ayam, tapi tentunya tidak demikian jika anda ingin menjadi peternak ayam. Mengetahui secara detail tentang ayam adalah hal yang sangat penting bagi seorang peternak ayam.

Tapi tenang saja jika anda berniat menjadi peternak ayam namun belum tahu banyak tentang ayam, karena di sini kami akan membantu anda untuk mengetahui lebih detail tentang hewan unggas ini, terutama dari segi jenis-jenisnya.

Mungkin yang anda tahu selama ini jenis ayam hanya ayam kampung atau ayam broiler saja, tapi sebenarnya jenisnya ada banyak.

Sama seperti hewan-hewan lainnya ayam memiliki banyak jenis, yang akan kita bahas di sini. Berikut selengkapnya.

  1. Ayam Petelur

Ayam petelur adalah ayam yang dibudidayakan khusus untuk menghasilkan telur sebanyak-banyaknya.

Pada umumnya ayam petelur dibagi menjadi dua berdasarkan bobot badan dan jumlah telur yang dihasilkan, yaitu ayam petelur ringan dan ayam petelur medium. Seperti sebutannya, ayam petelur ringan memiliki bobot badan yang lebih ringan dibandingkan ayam-ayam pada umumnya dan telur yang dihasilkan lebih sedikit daripada ayam petelur medium. Sementara atam petelur medium memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar dan telur yang dihasilkan lebih banyak daripada ayam petelur ringan.

Berikut ini beberapa jenis ayam petelur.

Ayam Hibrida

Adalah ayam petelur hasil persilangan, persilangan ini dilakukan untuk mendapatkan jenis ayam petelur dengan kualitas super yaitu bisa memproduksi telur sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat.

Ayam hibrida umumnya bisa menghasilkan hingga 280 telur per tahun. Jenis ayam hibrida yang paling dikenal adalah Golden Comet.

Ayam Leghorn

Sebagai orang Indonesia anda pasti sering mendengar istilah telur ayam “Lehor”, jika anda belum tahu ayam lehor ini juga dikenal dengan istilah ayam leghorn.

Ayam leghorn memiliki ciri-ciri bulunya berwarna putih polos tanpa corak warna lain dengan kulit merah segar dan badannya tergolong sangat berisi.

Ayam ini bisa menghasilkan higga 250 telur per tahun

Ayam Araucana

Ayam ini berasal dari Amerika latin tepatnya dari negara Chile. Satu hal yang unik dari ayam ini adalah ada yang tidak memiliki ekor karena faktor genetik sehingga membuatnya lebih mudah dikenali daripada ayam lainnya.

Ayam ini dapat menghasilkan sekitar 250 telur per tahun, untuk warna telurnya tergolong sangat jarang ditemukan pada jenis ayam lainnya yaitu biru atau hijau.

Ayam Plymouth Rock

Ayam petelur satu ini diberi nama sesuai daerah asalnya yaitu Plymouth Rock, sebuah daerah di Massachusetts, Amerika Serikat.

Ayam ini memiliki banyak sifat unggul seperti jinak, memiliki daya adaptasi tinggi dan mudah dipelihara di pekarangan rumah.

Untuk urusan telur yang dihasilkan ayam ini dapat menghasilkan hingga 200 telur per tahun, sementara untuk warna telurnya berwana coklat muda.

  1. Ayam Pedaging

Ayam pedaging adalah ayam yang dibudidayakan untuk dijual dagingnya, ayam jenis ini umumnya dapat tumbuh besar dalam waktu yang lumayan singkat sehingga menguntungkan bagi peternak, namun ada juga ayam pedaging yang pertumbuhannya lambat namun sangat digemari masyarakat.

Berikut beberapa jenis ayam pedaging.

Ayam Kampung

Ayam kampung sangat diminati dagingnya oleh berbagai kalangan karena lebih gurih, lebih sehat dan lebih enak daripada ayam broiler. Meskipun dalam hal kecepatan panen, ayam kampung tidak bisa secepat ayam broiler, namun harga jual ayam kampung juga relatif lebih mahal.

Ayam kampung umumnya diternak secara liar, dan mencari makan sediri sehingga menghasilkan daging yang alot namun gurih.

Ayam Boiler

Jenis ayam potong yang satu ini banyak digemari para pengusaha ternak karena waktu pertumbuhannya sangat cepat.

Ayam broiler adalah hasil dari persilangan berbagai jenis ayam yang memiliki tingkat produktifitas tinggi, terutama produktifitas daging.

Ayan broiler memiliki kecapatan tumbuh yang jauh lebih cepat yaitu sekitar 30% daripada ayam pedaging lainnya karena selain faktor genetik juga diberi suntikan hormon dan AGP atau antibiotic growth promter, hanya dalam waktu 40 harian setelah menetas ayam broiler sudah bisa dipanen.

Namun sayangnya kecepatan pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan kualitas gizinya, sehingga banyak konsumen yang was-was ketika mengkonsumsi daging ayam broiler.

Ayam Pejantan Ras

Ayam Pejantan Ras adalah ayam afkir atau hasil sortiran dari hasil produksi ayam petelur yang berkelamin jantan.

Ayam Jabro

Ayam jabro merupakan ayam ras hasil persilangan pejantan broiler dan betina petelur. Untuk tingkat pertumbuhan ayam jabro berada di tengah-tangah antara ayam broiler dan ayam buras.

Kualitas daging ayam jabro juga relatif lebih baik daripada ayam broiler.

Ayam terdiri dari berbagai jenis, berdasarkan fungsinya ayam dibagi menjadi beberapa jenis diantarannya adalah ayam petelur dan pedaging. Ayam petelur dan pedaging juga memiliki banyak jenis, seperti yang sudah dibahas di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *