Masa Panen Jagung Hibrida dan Cara Menanamnya

Posted on

Sebelum masuk pada pembahasan masa panen jagung hibrida serta metode atau cara yang digunakan pada saat proses budidaya jagung hibrida. Apakah Anda sudah paham mengenai apa itu jagung hibrida? Jika belum memahaminya, mari ketahuilah dulu pengertian secara umum tentang budidaya jagung hibrida.

Jagung hibrida dihasilkan dari sebuah persilangan dua atau lebih bersifat homogen dan heterozigot. Jagung ini bisa dimanfaatkan dalam penggunaan bahan makanan atau bahan pangan ternak. Tak jarang petani yang melakukan budidaya jagung ini bisa memperoleh keuntungan besar. Dikarenakan seringnya membludak permintaan dari konsumen jagung hibrida.

Masa panen jagung hibrida ini bisa tiba dalam waktu 60 hari setelah tanam sampai 120 hari setelah penanaman. Jika Anda ingin menghasilkan jagung yang kering, Anda perlu menunggunya sampai 150 hari setelah tanam. Untuk itu, perlunya perawatan dalam menanam jagung, sebelum membahas lebih lanjut, kami akan membahas manfaat jagung hibrida.

Jika Anda berada di luar pulau Jawa, mungkin tanaman jagung hibrida ini dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok kita yaitu nasi. Jagung diyakini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, jadi bermanfaat jika Anda mengkonsumsinya sehari hari pun. Jagung hibrida kebanyakan diolah menjadi makanan jagung bakar.

Selain menjadi jagung bakar, jagung ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan pangan ternak, sebagai pelengkap sayuran. Penggunaan jenggel bisa digunakan sebagai bahan bakar. Banyaknya manfaat jagung hibrida disebabkan karena mempunyai kandungan vitamin B, C, dan A. Serta mengandung karbohidrat atau protein yang bisa menggantikan nasi dan gandum sebagai makanan pokok.

Budidaya Jagung Hibrida

Jagung yang akan dibudidayakan harus memiliki jenis jagung kualitas unggul. Supaya Anda bisa mendapatkan sebuah bibit baik dan unggul, Anda bisa mendapatkan bibit benih jagung dari toko pertanian. Bisa memakan waktu banyak apabila Anda menyilangkan jagung hibrida sendiri, agar bisa menghasilkan bibit bagus.

Masa panen jagung hibrida tergantung pada kualitas bibit jagung serta cara menanamnya. Jagung ini akan bisa dipanen dengan baik apabila dirawat terus. Agar memperoleh hasil maksimal saat panen jagung, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang cara menanam jagung jenis hibrida ini dengan baik dan benar.

Cara penanaman budidaya jagung hibrida merupakan serangkaian awal dari proses memulainya pengolahan lahan tanaman hingga masa panen tiba. Menanam jagung hibrida sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan dengan benar serta sering meneliti jika ada perubahan-perubahan di tanaman ini agar hasilnya maksimal.

Anda harus memahami cara penanaman ini dengan baik supaya dapat memberikan masa panen jagung hibrida berkualitas tinggi, sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Ulasan di bawah ini merupakan penjelasan detail mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan saat Anda ingin menanam jagung hibrida, pastikan untuk menyimak ulasan ini hingga tuntas.

Langkah pertama dalam penanaman sebuah jagung hibrida adalah menyiapkan lahan tanah sebagai tempat budidaya jagung ini. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tetapi biasanya di dataran rendah akan bisa memperoleh masa panen yang lebih cepat daripada jagung hibrida di dataran tinggi.

Langkah Dalam Menanam Jagung

Usahakan menanam jagung pada tanah yang gembur supaya dapat menyerap unsur hara dengan optimal. Hal yang perlu diperhatikan lagi dalam upaya penyiapan lahan adalah usahakan tanah terpapar matahari secara langsung kurang lebih 7 jam per harinya. Tanah yang dipakai mengandung banyak unsur hara.

Langkah-langkah tersebut merupakan langkah awal sebelum memasuki masa panen jagung hibrida. Pastikan tanah mempunyai kadar keasaman pH 5,5-7,7.  Ketika Anda sudah menemukan tanah yang dapat memenuhi kriteria tersebut. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemangkasan cabang penghalang sinar, penyiangan, serta memasang sumber air di dekat lokasi budidaya jagung tersebut.

Langkah selanjutnya dalam upaya penanaman jagung hibrida yaitu lakukan penggemburan tanah. Tujuannya adalah untuk mencampurkan kandungan hara di tanah, dan dapat memberi akses kemudahan akar untuk mendapatkan nutrisi yang ada di tanah. Anda bisa gunakan cangkul, lakukan hal ini sambil membentuk tempat untuk pupuk.

Tahap selanjutnya sebelum masa panen jagung hibrida perlu diberikan beberapa pupuk dasar dalam upaya memelihara tanaman jagung ini, agar terhindar dari beberapa penyakit yang bisa datang menyerang sewaktu-waktu. Pupuk ini diberikan kepada tanaman jagung hibrida untuk menambah nutrisi tanaman selama tanaman ditanam hingga panen.

Dalam penggunaan pupuk Anda perlu memperhatikan kualitas pupuk yang digunakan. Pemakaian pupuk ini juga mempunyai dosis atau takaran sesuai dengan ukuran masing-masing lahan cocok tanam. Usahakan memakai banyak pupuk organik untuk menghindari bahan kimia. Namun umumnya, pupuk yang digunakan seperti urea, Za, SP 36, dan NPK.

Pemberian Pupuk yang Baik

Disini Anda harus bisa membedakan penggunaan pupuk dalam musim hujan ataupun kemarau. Sudah diberikan dosis tertentu dalam penggunaan sebuah pupuk.  Anda juga bisa menggunakan perbandingan antara pupuk kandang dengan pupuk kimia 40:1. Perlu juga diberikan obat penangkal hama, bisa Anda campurkan ke dalam tanah dan pupuk tadi.

Dalam menanam sebuah jagung Anda harus bersabar untuk menunggu masa panen jagung hibrida, agar hasil panen bisa memiliki kualitas maksimal. Setelah mencampurkan pupuk seperti penjelasan diatas, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan penanaman bibit benih jagung hibrida. Ingat, bibit jagung yang ditanam harus memiliki mutu tinggi.

Hindari penggunaan bibit benih jagung yang dibeli di pasaran, karena biasanya memiliki kualitas rendah dibanding Anda membeli di toko pertanian. Kualitas dari bibit awal membuat pengaruh hasil di masa panen. Jika Anda menanam bibit kurang baik, hal yang dikhawatirkan adalah akan terjadinya cacat saat tumbuh.

Langkah selanjutnya sebelum masuk masa panen jagung hibrida, yaitu tanamlah bibit jagung ini ke dalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya. Ketika Anda menanam sebaiknya berikan 30 cm x 60 cm ke tumbuhan jagung lain. Usahakan dalam memasukan biji jagung hibrida antara satu sampai dua bijih saja.

Perawatan Jagung Hibrida

Setelah selesai menanam tumbuhan jagung hibrida ini, selanjutnya Anda harus melakukan penyiraman secara rutin supaya jagung ini tumbuh dengan optimal. Pastikan seluruh tanah yang ditanami jagung menjadi basah setelah disiram air. Lakukan penyiraman minimal seminggu sekali untuk mencegah gagal panen, apalagi di musim kemarau.

Hal selanjutnya yaitu menyiang lahan, lakukan penyiangan sebelum masa panen jagung hibrida tiba. Anda dapat melakukan kegiatan penyiangan ini dalam jangka waktu dua sampai tiga minggu sekali. Bagian sela-sela tumbuhan harus disiangi sebelum Anda memberi pupuk susulan. Sehingga pupuk bisa bercampur dengan tanah dan tumbuhan jagung hibrida.

Ketika sudah melakukan hal diatas, tunggulah beberapa saat hingga tiba waktunya untuk memanen buah. Sebelumnya Anda perlu menanggulangi kedatangan hama di tumbuhan ini. Ketika Anda akan menjual jagung untuk direbus, sebaiknya ambil jagung berusia 65 harian. Hal itu dikarenakan menunggu jagung hingga kering.

Setelah mengetahui beberapa langkah penanaman biji jagung hibrida mulai dari awal hingga akhir, Anda dapat melakukan penanaman sendiri di lahan yang Anda miliki. Tentunya harus disertai perawatan yang rutin, agar bisa menghasilkan masa panen jagung hibrida dengan kualitas bagus dibanding jagung lainnya.

Keyword: Masa panen jagung hibrida

Diskripsi: Sebuah penjelasan tentang masa panen jagung hibrida, serta cara perawatannya, dan cara menanamnya supaya pembaca bisa menghasilkan hasil panen optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *