Manfaat Memelihara Ikan Hias bagi Anak-anak dan Orang Dewasa

Posted on

Kenapa banyak orang yang mau memelihara ikan hias? Bukankah ikan hias memiliki harga yang relatif mahal dan memerlukan banyak perawatan? Ketika melihat teman anda memelihara ikan hias, anda mungkin heran dan menanyakan pertanyaan di atas kepada diri sendiri.

Setiap orang memiliki hobi uniknya masing-masing, salah satu hobi yang tidak kalah unik adalah hobi mengoleksi ikan hias. Banyak yang percaya bahwa memlihara ikan hias dapat mendatangkan kebahagiaan dan memberikan kepuasan tersendiri.

Meskipun harganya mahal, bahkan ada yang sampai ratusan juta, dan selain harga ikannya yang mahal harga perlengkapan dan pakannya juga tidak kalah mahal, dan lagi perawatannya juga lumayan menyita waktu, tapi tetap saja banyak peminatnya.

Untuk itu bagi yang belum tahu apa saja manfaat memelihara ikan hias, kali ini kita akan membahasnya. Berikut beberapa manfaat memelihara ikan hias bagi siapa saja orang dewasa, remaja atau anak-anak, yang sudah kami rangkum untuk anda.

  1. Menambah Estetika Rumah

Ikan hias banyak dipeliara di rumah, meskipun kadang ada juga yang dikolam.

Hal ini karena ikan hias dapat berfungsi sebagai penghias rumah, biasanya ikan ini diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Dengan adanya ikan hias tentunya suasana rumah menjadi lebih cantik, menarik dan sejuk.

  1. Memghilangkan Stress

Memandangi dan memberi makan ikan juga bisa membuat stress hilang karena kita menjadi lebih tenang dan tekanan darahpun menurun.

Menurut penelitian memandangi ikan berenang kesana-kemari memiliki efek relaksasi. Hal ini tentunya sangat berguna bagi para pekerja keras dengan kesibukan yang padat.

  1. Bisa Dapat Teman Baru

Setiap hobi pastinya memiliki komunitasnya masing-masing, yang sering melakukan pertemuan secara rutin untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan hobinya, begitu juga dengan pecinta ikan hias.

Dengan bergabung di komunitas pecinta ikan hias tentunya bisa membuat kita memiliki banyak teman baru.

Mendapatkan teman yang memiliki hobi yang sama tentu lebih seru karena bisa ngobrol seputar hal-hal yang sama-sama disukai.

Selain sebagai teman ngobrol, anda juga bisa melakukan transaksi jual beli ikan hias dengan teman sekomunitas.

  1. Lebih Menghargai Hewan

Belajar menghargai hewan adalah hal yang tidak kalah penting seperti halnya memghargai sesama manusia.

Dengan merawat ikan hias kita bisa belajar untuk lebih menghargai binatang, terutama bagi anak-anak yang karakternya masih dalam masa pembentukan.

  1. Melatih Kedisiplinan

Bukan hanya anak-anak yang perlu berlatih disiplin, orang dewasa pun masih banyak yang perlu melatihnya.

Dengan merawat ikan hias seperti memberi makan secara rutin yaitu dua kali sehari dan mengganti airnya jika sudah kotor, bisa membuat kita belajar lebih disiplin.

  1. Sebagai Investasi

Punya banyak uang dan bingung mau diapain? Investasi jawabannya.

Harga ikan hias yang relatif mahal, membuat ikan hias ideal untuk dijadikan sebagai sumber investasi. Semakin besar ukuran ikan hias maka harganya akan semakin mahal. Jika ingin berinvestasi dalam bentuk ikan hias, anda bisa membeli ikan hias yang masih kecil dengan harga yang tidak terlalu mahal lalu membesarkannya, ketika sudah besar harganya akan berlipat ganda. Salah satu ikan hias yang harganya sangat mahal adalah ikan arwana.

Selain investasi anda juga bisa menjadikan ikan hias sebagai dana cadangan darurat. Jika ada keperluan mendadak yang tidak terduga anda bisa menjual ikan hias anda dengan harga yang lumayan mahal.

  1. Mendatangkan Keberuntungan

Memelihara ikan hias memang memilki segudang manfaat yang sangat unik, manfaat lain yang tidak kalah unik adalah bisa mendatangkan keberuntungan.

Banyak pemelihara ikan hias yang percaya bahwa memelihara ikan hias di rumah bisa mendatangkan keberuntungan, salah satunya yang percaya hal ini adalah penganut kepercayaan fengshui.

  1. Menambah Pengetahuan Baru

Dengan memelihara ikan hias, kita jadi lebih tahu banyak hal tentang ikan seperti makanan ikan, jenis-jenis ikan, perawatan ikan dll.

Memperluas pengetahuan anda adalah hal yang sangat bermanfaat, hal ini bisa menjadi modal berharga untuk memulai bisnis budidaya ikan hias atau bisa juga untuk membuat teman bicara anda terkesan.

  1. Memiliki Hobi Baru

Setiap orang pasti akan merasa bosan jika melakukan sesuatu yang sama terus menerus, begitu juga dengan hobi.

Bagi yang bosan dengan hobi yang itu-itu saja, bisa mencoba hobi baru dengan cara memelihara ikan hias, dijamin tidak akan bosan.

  1. Melatih Tanggungjawab

Memelihara ikan hias juga berfungsi untuk melatih taggungjawab terutama bagi anak-anak.

Memelihara ikan hias bukan hanya sekedar memandangi keindahanya saja tetapi anda juga harus merawatnya agar tetap sehat dan berumur panjang.

Jika anda memiliki balita yang sulit dilatih bertanggungjawab, anda bisa mencoba melatihnya dengan cara yang menyenangkan yaitu memelihara ikan hias.

Memelihara ikan hias ternyata memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dibahas di atas, kira-kira manfaat apa yang paling penting bagi anda dari ikan hias. Menghilangkan stress, mendatangkan keberuntungan atau sebagai sebuah investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *