manfaat eceng gondok

Manfaat Eceng Gondok bagi Kesehatan Kolam Ikan

Posted on

Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah tumbuhan yang memiliki daun yang lebar serta rimbun dan bunga warna ungu, tumbuhnya mengapung di air. Tumbuhan ini bisa ditemukan dengan sangat mudah di kolam-kolam ikan.

Namun tahukah anda apa manfaat eceng gondok bagi kolam ikan? Pernahkan anda berpikir kenapa di kolam ikan banyak tumbuhan eceng gondok?

Sebelum kita membahas tentang manfaat eceng gondok mari kita bahas dulu tentang asal-usul eceng gondok.

Asal Usul Eceng Gondok

Lalu dari mana eceng gondok berasal? Ternyata eceng gondok berasal dari sungai Amazon, yaitu sungai di dalam hutan hujan tropis di Brazil yang memang terkenal dengan kekayaan habitatnya yang sangat beragam.

Meskipun berasal dari Brazil namun bukan orang Brazil yang pertama menemukan tumbuhan ini, tetapi seorang ilmuwan ahli botani asal Jerman bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, saat beliau sedang melakukan ekspedisi di sungai Amazon pada tahun 1824.

Selain ilmuwan asal Jerman, ilmuwan NASA juga sempat meneliti potensi yang dimiliki eceng gondok, karena bermaksud ingin digunakan untuk memurnikan air pada perjalanan luar angkasa yang panjang yang akan ditempuh ilmuwan-ilmuwan mereka. Jika tanaman ini memang benar dapat memenuhi potensinya maka NASA dapat menghemat jutaan dolar untuk fasilitas pemurnian air dalam ekspedisi luar angkasa, dan setelah diteliti ternyata memang benar demikian, akar eceng gondok memiliki kekuatan luar biasa dalam menyerap kotoran. Hingga akhirnya saat ini eceng gondok banyak dipakai di pusat penanganan limbah di kota-kota di AS.

Tidak diketahui kapan tanaman yang berasal dari Brazil ini samapi ke Indonesia, yang pasti sekarang tanaman ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di tanah air.

Saking terkenalnya eceng gondok sekarang sudah memiliki namanya sendiri di berbagai daerah. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, tumbuhan ini juga memiliki banyak nama lain di daerah-daerah di Indonesia seperti Kelipuk di Palembang dan Tumpe di Manado.

Berikut manfaat eceng gondok bagi kesehatan kolam ikan.

Tempat Bersembunyi Ikan

Di dalam kolam ikan juga memiliki banyak kegiatan, selain makan, berenang kesana-kemari, mereka juga memiliki banyak kegiatan lainnya.

Kegiatan ikan lainnya yaitu bermain kejar-kejaran dengan temannya atau pasangannya. Baik di akuarium maupun di kolam ikan sering melakukan hal ini, penyebab permainan ini biasanya karena ikan sedang birahi atau perebutan wilayah. Dalam permainan ini ikan yang dikejar biasanya akan membutuhkan tempat bersembunyi, untuk itu agar ikan lebih senang anda bisa menyediakan tempat bersembunyi bagi mereka berupa tumbuhan eceng gondok.

Selain itu, ikan di dalam kolam kadang juga perlu berteduh dari teriknya sinar matahari, ikan memang memerlukan sinar matahari yang cukup namun jika terlalu terik tentunya mereka akan lebih memilih bersembunyi, dalam hal ini keberadaan eceng gondok di kolam juga akan sangat membantu.

Mengendalikan Pertumbuhan Ganggang

Ganggang adalah tumbuhan yang sangat berbahaya bagi ikan di kolam karena kegiatannya adalah memangsa oksigen yang tentunya sangat merugikan, baik ikan kecil maupun ikan dewasa sangat membutuhkan oksigen yang ada di kolam ikan.

Rimbunnya daun eceng gondok juga dapat berfungsi untuk menghalangi gangang agar tidak dapat tumbuh dengan maksimal, sehingga populasinya lebih terkendali dan tidak bisa dengan leluasa memangsa oksigen di kolam.

Menjaga Suhu Air

Sinar matahari akan langsung menembus ke dasar kolam jika tidak ada penghalang apapun.

Dengan adanya tumbuhan eceng gondok, dapat mejaga suhu air agar tidak terlalu panas disaat panas terik, sehingga air yang berada di bawah permukaan bisa tetap terjaga suhunya.

Menyerap Kotoran

Di dalam kolam ikan banyak terdapat kotoran yang akan membuat air di kolam cepat menurun kualitasnya.

Tapi hal tersebut bisa diminimalisir dengan adanya eceng gondok di kolam, karena eceng gondok juga bisa menyerap kotoran di dalam kolam ikan dengan akarnya.

Hiasan

Kolam ikan yang diisi ikan-ikan hias berwarna indah memang sudah terlihat sangat indah untuk dipandangi.

Namun keindahan itu bisa ditingkatkan dengan adanya tanaman hias. Tentunya sangat menguntungkan jika tanaman hias yang kita tanam di kolam juga memiliki fungsi yang dapat menyehatkan kolam. Untuk itu anda bisa memanfaatkan tumbuhan eceng gondok, karena eceng gondok juga memiliki bunga ungu yang indah.

Sebagai tumbuhan yang bisa didapatkan secara gratis dan dengan sangat mudah, eceng gondok ternyata memiliki banyak manfaat bagi kolam ikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata seperti sudah kita bahas di atas.

Jika anda juga tertarik untuk menanam eceng gondok di kolam ikan anda, sebaiknya anda selalu memperhatikan pertumbuhannya. Karena eceng gondok ini sangat mudah berkembang dengan pesat, jika tidak dikendalikan bisa sampai merabat ke hampir seluruh kolam. Untuk menanamnya tidak perlu perawatan khusus, cukup letakkan satu di dalam kolam lalu populasinya akan bertambah dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *