kriteria kandang ternak

Kriteria Kandang Ternak yang Baik bagi Hewan Ternak

Posted on

Kriteria Kandang Ternak yang Baik bagi Hewan Ternak

Banyak yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha peternakan hewan, agar hasilnya maksimal dan tidak merugi, salah satunya adalah kandang tempat ternak akan tinggal.

Kandang memiliki peran penting yaitu sebagai tempat berteduh, berlindung dan tumbuh kembang ternak, oleh karena itu ketika akan memulai proses budidaya ternak, yang harus disiapkan pertama kali adalah kandangnya.

Ternak seperti ayam, bebek dan kambing memerlukan tempat tinggal yang layak. Untuk itu, dalam membuat kandang ternak tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan ternak.

Lalu seperti apa kandang ternak yang baik bagi hewan ternak? Berikut beberapa kriterianya.

  1. Lokasi Tepat

Sebelum membuat kandang ternak, perlu ada perencanaan yang matang terutama mengenai lokasinya.

Lahan tempat berdirinya kandang ternak harus memiliki permukaan yang datar dan memiliki lokasi yang jauh dari pemukiman warga, jauh dari keramaian kendaraan dan tidak bising, agar ternak tidak terganggu.

Tapi bukan berarti harus ditempat yang terpencil, karena lokasi kandang ternak juga harus mudah di awasi agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera diketahui.

  1. Ventilasi Memadai

Hewan ternak tentunya melakukan segala sesuatu di dalam kandang, mulai dari makan, tidur hingga membuang kotoran.

Karena semua itu dilakukan di tempat yang sama tentunya kandang jadi mudah pengap, agar kandang tidak terlalu pengap atau bau, diperlukan ventilasi yang memadai sehingga udara di dalam kandang dapat bersirkulasi dengan lancar dengan udara di luar kandang.

Sirkulasi udara yang lancar tentunya akan akan membuat udara di dalam kandang ternak terjaga kualitasnya sehingga membuat ternak merasa nyaman dan sehat.

  1. Tidak Sempit

Banyak peternak berpikir bahwa semakin banyak ternak yang dimiliki di dalam kandang maka akan semakin menguntungkan, tapi jika ruang kadang terlalu sempit sehingga membuat ternak stress tentu malah akan jadi merugikan.

Hewan ternak juga memerlukan ruang untuk bergerak dengan leluasa, agar tidak merasa bosan.

Untuk itu, jika memiliki lahan yang terbatas sebaiknya jangan memelihara terlalu banyak ternak, sesuaikan luas kandang dengan ukuran hewan ternak, sesuaikan luas lahan dan luas kandang yang bisa dibuat di lahan tersebut.

  1. Mudah Dibersihkan

Kebersihan kandang juga sangat menentukan kesehatan hewan ternak, oleh karena itu kandang ternak harus memiliki rancangan yang tepat agar mudah dibersihkan.

Agar kandang mudah dibersihkan, salah satu yang bisa dilakukan adalah jangan membuat kandang yang terlalu sempit.

Jika kandang terlalu sempit sehingga sulit untuk keluar masuk, maka kita sebagai peternak juga akan lebih malas untuk membersihkannya.

  1. Kokoh

Kandang juga harus dibuat dari material yang kokoh dan dapat bertahan lama, agar tidak mudah roboh serta mampu melindungi hewan dari cuaca ekstrim.

Selain itu atap bagian luar juga harus dibuat lebih luas, supaya ketika ada hujan angin yang bisa membuat air hujan jatuh lokasi yang lebih jauh, maka kadang ternak tidak akan kebasahan.

  1. Aman

Di dalam kandang hewan bukan hanya perlu berlindung dari hujan dan terik matahari saja, tapi juga dari predator, selain itu juga tangan-tangan jahil manusia.

Agar kandang lebih aman salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat pagar di sekeliling kandang.

Bukan hanya aman predator saja, tapi lokasi kandang ternak juga aman harus dari bencana alam tidak terduga, seperti banjir.

  1. Terkena Sinar Matahari

Hewan yang berada di dalam kandang tentunya sangat jarang terkena sinar matahari, padahal setiap ternak memerlukan vitamin yang di dapat dari sinar matahari.

Untuk itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghadapkan kandang ke arah timur, yang tentunya merupakan arah terbitnya matahari.

  1. Mudah Memberi Pakan

Makanan sangat penting bagi keberlangsungan hidup ternak dan kesehatannya agar bisa tumbuh dengan sehat dan berumur panjang.

Untuk itu, kandang ternak juga harus memiliki tempat makan dan minum yang mudah dijangkau baik oleh peternak maupun oleh hewan ternak.

  1. Nyaman

Bukan hanya rumah manusia saja yang harus nyaman untuk ditinggali, kandang ternak juga harus nyaman untuk ditinggali ternak, agar ternak tidak mudah stress.

Beberapa kriteria kandang yang nyaman ditinggali adalah bebas dari genangan air, tanah harus rata, atapnya tidak bocor, suhunya terjaga serta memiliki drainase yang baik.

Selain bagi hewan ternak, jika kandang terasa nyaman kita sebagai peternak juga akan merasa lebih semangat untuk membersihkannya.

Kadang adalah tempat tinggal ternak, di mana ternak menghabiskan sebagian hidupnya, arti kandang bagi ternak kurang lebih sama seperti rumah bagi manusia, jadi perannya sangat penting bagi ternak dan kesuksesan peternakan. Beberapa kriteria yang wajib dimiliki kandang ternak adalah lokasi yang tepat, ventilasi memadai, tidak sempit serta masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *