JENIS PAKAN BEBEK
JENIS PAKAN BEBEK

Jenis-jenis Pakan Bebek yang Wajib Diketahui Calon Peternak Bebek

Posted on

Apa saja pakan bebek dan apa kandungan nutrisi yang harus ada di dalam makanan bebek, serta bagaimana cara pemberiannya? Pertanyaan-pertanyaan di atas pasti muncul di benak siapa saja yang ingin memulai usaha ternak bebek.

Bagi anda yang punya rencana berternak bebek memang harus tahu banyak hal yang berkaitan dengan bebek, agar peternakan anda sukses. Salah satunya adalah pakan bebek, karena pakan bebek memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan bebek yang pada akhirnya akan berimbas pada kualitas panen yang dihasilkan.

Seperti hewan ternak lainnya, bebek adalah unggas penghasil daging dan telur yang membutuhkan nutrisi yang beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Gizi yang wajib ada di dalam pakan bebek adalah kabohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin.

Selain itu pakan bebek juga harus diberikan sesuai usia bebek. Bebek DOD atau Day Old Duck memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan bebek dewasa, oleh karena itu harus disesuaikan.

Berikut ini beberapa jenis pakan bebek dan kandungan gizinya.

  1. Dedak

Dedak adalah pakan yang paling sering diberikan ke berbagai jenis ternak, termasuk juga bebek.

Dedak padi adalah bubuk lembut yang dihasilkan dari proses penyelipan padi. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah dan tergolong murah.

Dedak sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bebek, yang berfungsi sebagai sumber energi bagi bebek dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk pemberiannya anda bisa memberikannya kepada bebek dalam bentuk kering atau dalam bentuk basah dengan dicampur sedikit air. Jika diberikan dalam bentuk kering pastikan bahwa anda menyediakan air di dekat dedak, supaya lebih mudah ditelan.

  1. Jagung

Jagung mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk proses regenerasi bebek. Jagung adalah jenis pakan yang juga sangat mudah untuk didapatkan.

Selain protein jagung juga mengandung pigmen karoten yang disebut “xanthophyl”. Pigmen ini memberikan warna kuning telur yang bagus, dan warna daging yang menarik atau tidak pucat.

Untuk pemberiannya kepada bebek DOD atau yang baru menetas sebaiknya dihaluskan agar mudah dimakan, sementara untuk bebek dewasa bisa diberikan dalam bentuk butiran saja.

  1. Pakan Pabrikan

Di toko perlengkapan ternak juga terdapat banyak pakan pabrikan untuk bebek, yang diracik sedemikan rupa sehingga nutrisi bebek terpenuhi.

Pakan ini sangat memudahkan anda sebagai peternak dalam pemberian pakan, karena tidak perlu repot-repot lagi menakar kandungan gizi yang ada di dalam pakan agar sesuai dengan kebutuhan bebek.

Terdapat banyak level makanan pabrikan di toko, mulai dari level starter untuk DOD atau bebek baru menetas, pakan grower untuk bebek dara atau remaja, pakan layer untuk bebek dewasa.

Namun sayangnya pakan bebek pabrikan juga memiliki harga yang relatif mahal, sehingga untuk peternak bebek skala kecil-kecilan sebaiknya mencari alternatif lain, berupa pakan alami agar lebih menghemat pengeluaran.

Jika peternak bebek kecil-kecilan menggunakan pakan pabrikan sepenuhnya kemungkinan besar hasil penjualan panen bebek tidak akan mampu menutupi modal yang sudah dikeluarkan untuk beternak bebek secara keseluruhan.

  1. Gedebog

Selain beberapa pakan di atas, anda juga bisa memilih gedebog sebagai makanan bebek. Apa itu gedebog?

Gedebog adalah badan pohon pisang, pakan ini memiliki kandungan cairan yang melimpah sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan bebek.

Karena pohon pisang ada dimana-mana untuk mendapatkan gedebog pisang tentunya adalah hal yang sangat mudah.

  1. Bekicot

Bekicot adalah binatang sejenis keong yang tentunya bercangkang dan berlendir yang biasanya berada di pohon atau tanah.

Bekicot dapat ditemukan dengan mudah dipekarangan yang lembab terutama saat musim hujan, dan ternyata bekicot juga memiliki kandungan gizi yang banyak bermanfaat bagi bebek.

Kandungan gizi yang terkandung di dalam bekicot diantaranya adalah protein hewani.

  1. Ampas Tahu

Ampas tahu adalah limbah padat dari bubur kedelai yang sudah tidak digunakan lagi dalam produksi tahu. Karena ampas tahu berbahan dasar kedelai yang mengandung banyak protein, maka pakan ini juga sangat baik bagi bebek.

Namun karena jenis makanan bebek satu ini memiliki banyak kandungan protein dengan kelebaban tinggi, maka anda juga haru memberikannya kepada bebek sesegera mungkin, jika tidak maka bisa ditumbuhi jamur.

  1. Ampas Tempe

Sama seperti ampas tahu, ampas tempe adalah limbah hasil produksi tempe yang banyak mengandung protein.

Jenis pakan ini tergolong sangat mudah didapatkan karena di Indonesia terdapat banyak rumah-rumah produksi tempe yang tentunya menghasilkan limbah ampas tempe yang sangat melimpah.

Demikian beberapa jenis pakan bebek yang paling sering digunakan. Ketika diberikan kepada bebek beberapa jenis pakan dicampur dan takaran sesuai jumlah nutrisinya, sehingga bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bebek. Seperti kandungan karbohidrat, kandungan lemak, kandungan protein, kandungan mineral, dan kandungan vitamin harus memiliki prosentase yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *