Cara Ternak Bebek untuk Pemula

Cara Ternak Bebek untuk Pemula

Posted on

Bebek atau itik adalah salah satu jenis unggas yang sering dibudidayakan, terutama sebagai penghasil telur atau penghasil daging.

Daging bebek bisa dijadikan berbagai macam olahan lezat, seperti bebek goreng misalnya. Telur bebek juga bisa diolah sendiri atau sebagai pelengkap olahan lainnya, seperti untuk bahan membuat kue.

Semakin pesatnya perkembangan industri kuliner berbahan bebek tentu juga berimbas baik bagi industri lainnya salah satunya adalah usaha ternak bebek yang semakin menguntungkan.

Berternak bebek tidak selalu indentik dengan untung kecil, tapi juga bisa mendatangkan untung berlimpah jika dilakukan dengan lebih intens dalam skala yang lebih besar. Seperti halnya di negara-negara maju yang sudah menggunakan rencana bisnis terstruktur dan peralatan canggih.

Berikut cara ternak bebek bagi pemula.

  1. Kandang

Banyak harus diperhatikan dalam membuat kandang ternak bebek, berikut akan kita bahas lengkap.

Untuk membuat kandang bebek yang baik, banyak kriteria yang harus diperhatikan, seperti pemilihan lokasi, keamanan, kenyamanan, luas tanah dll.

Pertama tentukan dulu sistem kandang yang ingin anda buat untuk bebek anda. Ada banyak sistem yang bisa digunakan dalam pembuatan kandang bebek, sistem yang paling baik adalah sistem panggung, karena kotoran bebek akan lebih mudah dipisahkan sehingga lebih higenis dan sehat bagi bebek.

Kandang berfungsi sebagai tempat berteduh bebek, berlindung dari predator dll, oleh karena itu harus dipastikan bahwa kandang aman dari hewan-hewan yang dapat memangsa bebek. Kandang harus cukup rapat sehingga aman dari predator, namun juga memiliki ventilasi memadai agar tidak pengap.

Pilihlah lokasi kandang yang tepat, yaitu jauh dari pemukiman dan tidak ada bising kendaraan. Jika terlalu dekat dengan pemukiman tentu bau kotoran bebek bisa mengganggu warga, sementara jika banyak bising kendaraan di sekitar kandang bebek, hal ini juga dapat mengganggu kenyamanan bebek.

Selain itu, pastikan juga kadang bebek mudah dibersihkan.

  1. Pemilihan Bibit

Untuk bibit bebek, anda bisa memilih DOD atau day old duck yang berkualitas, agar mendapatkan panen yang lebih cepat daripada bibit telur.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih bibit bebek, diantaranya warna bebek harus cerah dan matanya bening. Selain itu ukurannya juga harus seragam, agar memudahkan penjualan.

Setelah mendapatkan bibit yang sesuai tentunya tinggal memasukkannya ke dalam kandang dan mulailah memelihara bebek.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan adalah tahap yang sangat penting dalam budidaya bebek, karena hal ini akan menentukan tumbuh kembang bebek kedepannya hingga dewasa.

Makanan bebek sama seperti hewan ternak pada umumnya, yaitu harus memiliki gizi yang sesuai.

Pilihlah makanan yang bergizi tinggi, serta mampu memenuhi kebutuhan harian bebek, pastikan jumlah karbohidrat, protein dan mineral memiliki prosentase yang tepat, agar bebek dapat berkembang dengan optimal.

Aneka pakan bebek:

  1. Dedak
  2. Bekicot
  3. Pelet
  4. Tepung Ikan
  5. Tepung Tulang

Pemberian pakan pada bebek harus mempertimbangkan banyak hal, seperti usia bebek dan makanan apa yang cocok diberikan kepada bebek pada usia-usia tertentu, selain itu tingkat keseringan pemberiannya juga harus diperhatikan.

  1. Perawatan

Perawatan yang sesuai juga harus dilakukan agar bebek yang diternak tumbuh dengan sehat, lalu perawatan apa saja yang perlu dilakukan pada bebek?

Perawatan tersebut diantaranya pemberian vitamin yang sesuai, pastikan juga bahwa suhu kandang bebek sesuai dengan yang terbaik untuk bebek, yaitu sekitar 28°C.

Selalu pantau kesehatan bebek setiap saat, jika ada bebek yang terlihat sakit maka segera pisahkan untuk dikaratina hingga sembuh, hal ini penting dilakukan agar bebek yang sakit tidak menularkan penyakitnya kepada bebek-bebek yang lain.

  1. Panen

Setelah melewati semua tahap-tahap di atas dengan sukses, tibalah saat yang ditunggu-tunggu semua peternak bebek, yaitu panen alias meraup keuntungan.

Daging dan telur bebek sangat diminati dan bisa dijual dengan harga yang tinggi, jadi akan mudah untuk mendapatkan kembali modal budidaya bebek, dan juga meraup keuntungan bersih dari penjualannya.

Untuk penjualan, sebaiknya jualah bebek di usia yang masih mudah, karena di usia muda dagingnya belum terlalu keras dan kandungan gizinya masih tinggi, jadi dijamin lebih gurih dan lebih bernutrisi, selain itu bebek yang masih muda juga lebih diminati konsumen.

Selain daging bebek, sebagian telur bebek juga bisa dijual sementara sebagian lagi bisa ditetaskan, supaya tidak perlu membeli bibit lagi untuk tahap budidaya bebek selanjutnya, sehingga jadi lebih hemat. Bisa juga telur bebek dibuat telur asin lalu baru dijual agar mendapatkan harga jual yang kebih tinggi.

Budidaya bebek memerlukan banyak ketelatenan, selama berbulan-bulan sebelum bisa mendapatkan hasil. Dengan melakukan pembuatan kandang, pemilihan bibit, pemberian makan dan perawatan yang sesuai, bisa dipastikan bahwa hasil panen bebek juga akan melimpah sesuai yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *