ternak ayam kampung

Cara Ternak Ayam Kampung dari Awal sampai Panen

Posted on

Ayam adalah salah satu hewan paling sering dibudidayakan atau diternak, baik diternak untuk diambil telurnya atau dijual dagingnya.

Ayam yang sering diternak juga memiliki banyak jenis, seperti ayam broiler, ayam hias, ayam kampung dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin berternak ayam, maka ayam kampung bisa menjadi salah satu pilihan ternak yang tepat, karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan ayam lainnya.

Kelebihan ayam kampung dibanding ayam lainnya adalah kualitasnya yang lebih unggul baik dalam hal telur, daging maupun kemampuan adabtasinya.

Karena kualitasnya yang lebih unggul itulah, ayam kampung harganya relatif lebih mahal dari ayam broiler dan jenis ayam lainnya.

Kelebihan ayam kampung lainnya yaitu lebih sehat karena pakannya masih alami dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia untuk pembesaran, sehingga konsumen merasa lebih nyaman mengkonsumsi ayam kampung daripada ayam lainnya.

Berikut akan kita bahas cara berternak ayam kampung untuk pemula.

  1. Kandang

Langkah pertama dalam budidaya ayam kampung adalah mempersiapkan kandangnya, yang akan digunakan sebagai pusat budidaya ayam.

Pastikan bahawa kandang ayam memiliki lingkungan yang nyaman. Bukan hanya nyaman bagi ayam tapi juga bagi peternak, karena selain untuk tempat tinggal ayam, peternak juga akan sering mengunjungi kandang ayam untuk berbagai keperluan, seperti untuk memberi makan ayam, mengontrol kesehatan ayam dan tentunya membersihkan kandang ayam.

Selain nyaman bagi ternak dan peternak, juga aman dari predator, hal ini sangat penting karena jika ayam anda sampai dimakan predator maka anda akan menderita kerugian besar. Untuk membuat kandang ayam nyaman dari predator anda bisa membuat pagar di sekitar kandang.

Pastikan bahwa kandang ayam juga jauh dari pemukiman warga, agar bau ayam tidak menganggu aktifitas warga. Jika tidak, anda mungkin akan mendapatkan komplen dari warga, meskipun hal ini tidak berbahaya tapi tentunya akan sedikit mengganggu kalancaran peternakan anda.

  1. Bibit

Tahap selanjutnya dalam budidaya ayam kampung adalah memilih bibit. Bibit bisa dibeli di pasar, atau di peternak ayam lainnya.

Untuk bibit anda bisa membeli DOC atau day old chick, carilah bibit yang unggul agar menghasilkan panen yang melimpah.

Untuk jenis ayam kampungnya sendiri juga sekarang sudah ada berbagai macam seperti ayam kampung joper dan ayam kampung biasa, ayam kampung joper dikenal memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari ayam kampung biasa, namun ayam kampung biasa juga jauh lebih terkenal dan pemasarannya lebih mudah.

Selain DOC, anda juga bisa membeli bibit dalam bentuk telur ayam untuk ditetaskan, jika memutuskan untuk membeli telur pastikan bahwa telur-telur tersebut berasal dari ayam dengan kualitas yang unggul.

Jika anda memilih bibit berupa DOC tentunya akan lebih cepat panen, namun jika anda memilih bibit berupa telur ayam maka anda harus menunggu lebih lama untuk panen, karena harus menunggu penetasan terlebih dahulu. Jika anda memiliki modal yang cukup sebaiknya pilihlah bibit berupa DOC daripada telur ayam.

  1. Pemberian Pakan

Ayam kampung dewasa biasanya diberi makan dedak. Sementara anak ayam yang baru menetas biasanya diberi makan jagung.

Pemberian pakan harus dilakukan secara runtin dan harus dibedakan antara pakan untuk awam dewasa dan ayam yang masih dalam masa pertumbuhan.

Untuk ayam DOC sebaiknya diberi pakan berupa jagung yang digiling dengan halus, jagung sangat baik bagi ayam DOC karena memiliki kandungan protein yang tinggi, yang tentunya digiling halus agar mudah dimakan ayam bibit. Pemberian makanan jagung giling ini sebaiknya dilakukan hingga ayam berusia dua bulan, sebelum diberikan pakan untuk tahap selanjutnya.

Berikan pakan dan minum kepada ayam secara teratur, dan jangan lupa ganti air minum minimal 2 hari sekali, dan beri pakan secara teratur yaitu 3 kali sehari.

  1. Perawatan

Agar ayam tumbuh sehat ada beberapa perawatan yang bisa anda lakukan, berikut beberapa diantaranya.

Bersihkan kandang secara rutin, agar kotoran dan sisa makanan tidak menganggu kesehatan ayam.

Siapkan juga obat-obatan dan vitamin, obat-obatan berguna untuk mengobati ketika ada ayam yang jatuh sakit dan vitamin berguna agar ayam bisa tumbuh dengan sehat karena lebih terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

  1. Pemasaran

Tidak perlu menunggu waktu lama-lama untuk menjual ayam kampung hasil budidaya, jika terlalu lama malah dagingnya akan menjadi keras dan kandungan gizinya juga berkurang. Jadi jualah ayam kampung yang masih muda, karena ayam kampung muda lebih diminati di pasaran. Ayam kampung bisa dijual saat usia 8 bulan.

Untuk pemasaran anda bisa menjual ayam ke restoran-restoran agar lebih menguntungkan daripada di tempat lain.

Ayam kampung memang tergolong kurang menguntungkan untuk dibudidayakan karena masa pertumbuhannya yang tergolong lambat jika dibandingkan ayam pedaging, selian itu juga produktifitas telurnya tergolong kurang dibandingkan ayam petelur. Namun jika anda lebih memilih berternak ayam kampung tentu saja tidak ada salahnya mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *