ikan cupang

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Posted on

Ikan cupang ketika masih kecil memang sekilas terlihat mirip antara jantan dan betina, terutama bagi yang masih awam dengan dunia ikan hias, dan belum pernah memrliharanya sebelumnya.

Sebelum membeli ikan cupang tentunya harus bisa mengenali dulu mana ikan cupang jantan dan ikan cupang betina, karena akan lebih mudah dalam merawatnya.

Ikan cupang memang menarik untuk dipelihara, karena ekor dan siripnya yang indah serta tubuhnya yang penuh warna-warni cerah seperti merah, biru dan ungu.

Kaunggulan ikan cupang dibandingkan ikan hias lainnya adalah ikan cupang termasuk ikan yang memiliki daya tahan tubuh tinggi, karena memiliki rongga labirin seperti paru-paru manusia, yang memungkinkannya bisa hidup di tempat minim oksigen sperti toples. Meski demikian jika anda memeliharanya sebaiknya jangan ditaruh di dalam toples, berilah tempat yang luas agar ikan tidak stress.

Tentunya sebagai ikan tropis, ikan cupang juga bisa mati jika hidup di tempat dengan suhu yang terlalu rendah. Oleh karena itu jagalah suhu akuarium agar tetap hangat dan stabil serta gunakan akuarium yang volume airnya minimal sekitar 3 ember.

Berikut akan kita bahas perbedaan ikan cupang jantan dan betina secara lengkap.

  1. Sirip

Ikan cupang umumnya adalah ikan yang memiliki sirip panjang jika dibandingkan dengan ikan pada umumnya, namun antara ikan cupang jantan dan betina memiliki perbedaan panjang sirip yang cukup kentara.

Jika diperhatikan dengan baik maka kita akan menyadari bahwa sirip ekor, sirip punggung dan sirip perut ikan cupang jantan panjangnya sekitar dua kali lipat panjang tubuhnya.

Sementara ikan cupang betina, memiliki sirip yang jauh lebih pendek.

Hal inilah yang membuat ikan cupang jantan lebih menarik dibandingkan ikan cupang betina.

  1. Ukuran

Selain dari segi sirip, ikan cupang jantan dan betina juga memiliki perbedaan dari segi ukuran.

Ikan cupang jantan memiliki sirip yang sangat lebar daripada ikan cupang betina, oleh karena itu jika dilihat secara keseluruhan dari ukuran badan serta siripnya, maka ikan cupang jantan akan terlihat lebih besar dan panjang daripada ikan betina.

  1. Warna

Perhatikan juga warna ikan cupang, jika disimak baik-baik maka kita akan menyadari bahwa keduanya memiliki perbedaan tingkat kecerahan.

Warna ikan cupang betina lebih keruh dibandingkan warna ikan cupang jantan. Namun jangan sampai keliru, warna ikan cupang betina yang kusam adalah pertanda ikan betina yang sehat, sementara jika warnanya cerah kemungkinan besar ikan itu sedang stress atau tertekan.

  1. Bentuk

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi bentuk tubuh ikan cupang.

Bentuk ikan cupang betina lebih terlihat gemuk dan terkesan lebih pendek, sementara ikan cupang jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping. Kesan gemuk dan ramping pada tubuh ikan cupang ini dikarenakan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina memiliki karakter tubuh yang berbeda. Perbedaan karakter tubuh tersebut yaitu ikan cupang jantan memiliki tubuh yang lebih maskulin sementara ikan cupang betina memilki tubuh yang lebih feminin.

  1. Karakter

Ikan cupang jantan dan betina juga memiliki perbedaan dari sisi karakter.

Cupang jantan lebih agresif daripada cupang betina karena ingin menguasai wilayahnya, jika ada ikan lain yang berada di dekatnya maka ia akan mengejarnya, baik itu cupang betina maupun cupang jantan lainnya.

Sementara cupang betina meskipun termasuk agresif masih cenderung lebih kalem jika dibandingkan dengan ikan cupang jantan, dan jika dikejar oleh ikan cupang jantan karena permasalahan wilayah, maka akan memilih bersembunyi.

  1. Janggut Insang

Jika diperhatikan dengan baik-baik ikan cupang jantan dan ikan cupang betina juga memiliki janggut pada membran insangnya.

Perbedaannya adalah ikan cupang jantan memiliki janggut yang lebih besar daripada ikan betina.

  1. Gelembung

Jika di akuarium ikan terdapat gelembung, hal ini juga bisa dijadikan salah satu pembeda antara ikan cupang jantan dan betina. Ikan cupang jantan yang sudah siap kawin akan membuat gelembung-gelembung di permukaan air, hal ini dilakukan sebagai persiapan membuai telur ikan cupang betina.

Tentunya untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina dari segi gelembung tidak bisa dilakukan setiap saat. Karena ikan cupang jantan hanya membuat gelembung pada saat-saat tertentu saja. Untuk membedakan keduanya dengan lebih akurat sebaiknya memakai kriteria yang lain saja.

Mengetahui perbedaan ikan cupang jantan dan betina sangat berguna jika anda ingin memelihara ikan cupang untuk dibiakkan.

Dengan ekor dan sirip lebar, ikan cupang jantan memang terlihat lebih indah daripada ikan betina, karena itu jika anda pergi ke toko hewan biasa untuk membeli ikan cupang, maka ikan cupang yang lebih sering anda temukan adalah ikan cupang jantan. Keduanya memang memiliki cukup banyak perbedaan fisik, tapi bagi orang awam hal ini tentunya cukup sulit untuk disadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *