Cara Budidaya Jagung Manis Yang Benar Agar Berhasil

Cara Budidaya Jagung Manis Yang Benar Agar Berhasil

Posted on

Teknik untuk budidaya jagung manis supaya bisa menghasilkan hasil panen melimpah, maka pastikan Anda melaksanakan pemilihan benih berkualitas, pengelolaan lahan dengan benar, pemeliharaan tanaman, dan juga mencegah tanaman dari hama serta tumbuhan pengganggu. Anda harus mengetahui dengan baik bagaimana cara budidaya jagung manis.

Jika ingin menanam jagung manis, maka pilihan tersebut merupakan salah satu pilihan tepat untuk Anda pilih. Sebab jagung manis bukan hanya mudah untuk membudidayakannya, namun potensi pasarnya juga sangat menjanjikan. Bahkan jika Anda bisa memilih dengan tepat varietas benihnya serta merawat dengan benar, maka bisa memanen hasil melimpah.

Jika tongkol jagung manis rata-rata besarnya 300 gram tiap tongkol yang dipanen. Maka untuk satu hektar tanaman jagung manis yang Anda punya akan memberikan hasil sekitar 30 ton. Hasil produksi tersebut tentu saja sangat fantastis. Anda tinggal mengalikan dengan rupiah sesuai harga pasar.

Menurut Budidayaalam.com jika Anda ingin mendapatkan hasil panen jagung manis tersebut, Maka Anda harus memenuhi beberapa syarat mengenai cara budidaya jagung manis dengan benar. Seperti misalnya Anda harus memilih bibit dengan kualitas unggul, menyiapkan lahan, kapan menanam benih, dan waktu memberikan pupuk dengan tepat.

Sedikit Ulasan Mengenai Jagung Manis

Jagung manis ini memang rasanya manis, sebab ada banyak kandungan gula didalamnya daripada kandungan patinya. Oleh sebab itu, saat jagung manis kering, maka bentuknya akan menciut atau keriput. Sehingga bentuk dari jagung manis tersebut tidak menarik dilihat berbeda dengan jika masih baru dan belum kering.

Namun jika jagung manis masih muda memang sangat menggoda. Tampilan dari jagung manis saat muda memang sangat elok dengan biji mengkilap, bercahaya, dan tembus pandang. Jagung manis ini sendiri berasal dari ketekunan kemulia tanaman jagung. Artinya, jagung manis ini awalnya juga dari jagung biasa.

Beberapa orang menyebut jagung manis berawal dari jagung gigi kuda dan juga jagung mutiara. Sedangkan jagung ini bisa punya rasa manis, karena didalam jagung manis ada gen resesif yang dapat menghambat gula agar menjadi pati. Hal inilah yang menyebabkan jagung manis lebih banyak kandungan gulanya daripada pati.

Sedangkan jika Anda budidaya jagung manis, maka bisa digunakan untuk beberapa hal. Hasil panen dari jagung manis bisa Anda manfaatkan sebagai bahan baku industri minuman misalnya saja sirup. Selain itu, jagung manis juga bisa diolah dan dijadikan untuk susu jagung manis. Bahkan jagung manis bisa dijadikan sebagai sayuran.

Anda bisa mengolah jagung manis untuk dijadikan sebuah sup jagung manis, aneka olahan kur, bahkan bisa dijadikan camilan. Anda bisa merebus atau dibuat jagung bakar, sedangkan batang daun kering dapat Anda jadikan sebagai kompos. Jagung manis juga kerap dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan juga kecantikan.

Cara Budidaya Jagung Manis dengan Tepat

Agar produksi jagung manis bisa tinggi, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah untuk membudidayakan jagung manis. Pertama Anda harus melihat syarat tumbuh dari jagung manis itu sendiri sebelum memutuskan untuk menanam. Jagung manis sendiri ialah jenis jagung yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Anda tidak harus menggunakan cara khusus untuk merawat jagung manis. Sehingga Anda bisa membudidayakan jagung mani sekalipun dilahan yang kering, pasang surut, atau sawah. Bahkan jika Anda tidak mengolah tanah juga jagung manis masih bisa tumbuh. Akan tetapi jagung manis bisa tumbuh maksimal jika Anda mengikuti langkah dengan tepat.

Jagung manis bisa tumbuh dengan bagus di tanah yang subur, berhumus, dan juga gembur. Budidaya jagung manis ini juga cukup mudah, sebab Anda bisa menanamnya pada tanah berdebu atau lempung. Sehingga Anda tidak perlu susah untuk mengolah tanah, sebab jagung manis bisa tumbuh dimana saja.

Selain itu, untuk tanaman jagung manis, akan lebih baik jika kandungan pH tanah lahan yang akan ditanami jagung manis antara 5,5 hingga 7,5. Pastikan juga temperature yang ada pada kawasan lahannya sekitar 27 sampai 32 derajat celcius. Dengan demikian tanaman jagung manis Anda bisa lebih bagus tumbuhnya.

Lahan tanaman jagung Anda pastikan cukup dalam hal ketersediaan airnya, mulai dari masa vegetative, berbunga, hingga pengisian biji. Pastikan aliran air dan pengairan pada lahan tersebut cukup lancar dan bagus. Cara budidaya jagung manis ini sendiri memang gampang, sebab bisa tumbuh di iklim tropis dengan curah hujan yang cukup.

Menyiapkan Lahan Untuk Tanaman Jagung Manis

Selain itu, Anda bisa membudidayakan tanaman jagung manis dengan mudah sebab bisa tumbuh dimana saja, baik dataran rendah, menengah, bahkan di dataran tinggi sekalipun. Jika Anda mengikuti syarat untuk pertumbuhan jagung manis yang ideal. Maka hasil panen jagung manis bisa melimpah dan maksimal.

Anda bisa menyesuaikan lahan supaya jagung manis bisa produktif dan tumbuh dengan baik. Seperti struktur tanah yang keras bisa Anda olah dulu agar gembur. Untuk tanah masam bisa diberikan kapur. Sedangkan jika tanah kurang subur, maka Anda bisa menambahkan pupuk untuk menyuburkan.

Menyiapkan lahan memang merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk budidaya jagung manis. Apalagi jika Anda menginginkan hasil panen dengan kualitas tinggi dan memuaskan. Maka lahan untuk menanam ini sangat penting untuk diperhatikan. Lahan untuk menanam jagung manis harus diolah dengan dicangkul atau dibajak sekitar 20 hingga 30 cm.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat struktur tanah bisa gembur dan juga mudah untuk dibentuk menjadi bedengan. Pengolahan tanah yang lebih sehat dan system pengairan tanah tepat akan membuat lahan menjadi lebih baik lagi. Jika Anda ingin menanam jagung manis, pastikan menyiapkan bedengan lebar 1 meter dan tingginya 30 cm.

Memberikan pupuk dasar sesuai dengan kesuburan tanah. Untuk jenis pupuknya bisa menggunakan pupuk kandang tunggal atau campuran. Akan lebih baik lagi, jika Anda memberikan insektisida dibagian bedengan supaya bisa meminimalkan organisme yang bisa mengganggu tanaman. Pastikan Anda melakukan cara budidaya jagung manis dengan benar untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Memanen Jagung Manis

Jika Anda ingin memanen jagung manis, maka pastikan usia jagung manis sudah mencapai kurang lebih 2 bulan. Akan tetapi yang paling pasti untuk memanen jagung manis ialah, jika jagung sudah berbunga dan juga bijinya terisi penuh. Anda bisa membuka jagung manis untuk melihat isinya agar lebih yakin.

Namun memanen jagung manis yang tepat lagi ialah sesuai dengan varietasnya. Anda bisa memanen sekitar 65 hingga 67 hari atau bisa lebih dari 70 hingga 85 hari. Dalam hal memanen jagung manis, maka akan lebih baik jika memanen pada waktu minimal.

Jika Anda memanen jagung manis lebih dari waktu minimal, maka bisa menyebabkan risiko rasa manis jagung jadi berkurang, warna bijinya jadi berubah, dan bahkan bisa merusak tekstur. Jagung manis yang terlalu lama dipanen juga bisa mengkerut dan menyebabkan berat jagung berkurang.

Oleh karena itu, pastikan Anda memanen pada waktu yang tepat dan tidak kurang atau lebih. Bahkan Anda bisa melihat hanya dengan membuka jagungnya dan melihat bijinya sudah terisi penuh atau belum. Untuk menghasilkan jagung manis dengan kualitas memuaskan, pastikan mengikuti cara budidaya jagung manis dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *