Berapa Lama Masa Panen Jagung Manis yang Harus Diketahui

Posted on

Berapa bulan sih waktu yang dibutuhkan dalam mencapai masa panen jagung manis mulai saat ditanam hingga dipanen. Menanam sebuah jagung manis merupakan hal yang cukup mudah dilakukan, bahkan semua orang bisa melakukannya jika ingin budidaya jagung manis. Dengan demikian Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah.

Dalam budidaya atau menanam tumbuhan jagung manis, Anda bisa menjadikan ini sebagai kerja sampingan, bahkan Anda bisa memanfaatkan pekerjaan budidaya jagung manis sebagai pekerjaan untuk membiayai kehidupan Anda beserta keluarga. Jadi tak perlu khawatir, jika Anda memiliki keinginan untuk membudidayakan tanaman ini.

Saat Anda bercocok tanam jagung manis, tentunya harus tahu kapan tiba masa panen jagung manis tersebut. Sebelum menanam jagung manis, Anda disarankan untuk telaten, fokus, giat, terampil, dan sungguh-sungguh dalam pekerjaan ini. Karena semua yang Anda kerjakan hasilnya tergantung dari jerih payah Anda sendiri.

Masa panen tanaman jagung manis bisa berkisar dari 78 hst. Cukup singkat kan waktu penanaman sampai panennya. Karena itu banyaknya orang menginginkan atau melakukan budidaya tanaman ini. Disamping cepat, jagung manis merupakan tanaman yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dalam berdagang sehari-hari, seperti menjual makanan jagung manis.

Adapun penjelasan mengenai jagung manis, yaitu jagung manis mempunyai siklus hidup berkisar 60-160 hari sejak ditanam. Akar jagung manis tergolong dalam jenis akar serabut. Mempunyai dua siklus pertumbuhan, pertama adalah siklus vegetatif, pada fase berikutnya menggunakan siklus generatif. Ketinggian tanaman ini antara 1-2,5 meter tergantung bibitnya.

Tahap Menanam Sampai Tiba Masa Panen Jagung Manis

Hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali dalam menanam jagung manis adalah untuk mendapatkan biji benih yang berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan jenis bijih jagung berkualitas tinggi ini sebaiknya Anda datang kepada petani penanam jagung manis kualitas tinggi. Usahakan cari bibit dalam jenis varietas yang unggul.

Karena masa panen jagung manis tergantung pada suatu kualitas dari bibit biji jagung yang Anda tanam. Semakin bagus bibit jagung manis, maka semakin kecil kemungkinan terjadi gagal panen. Anda bisa mencari di petani jagung manis yang memiliki jumlah panen melimpah. Pastikan Anda juga bisa menanam dengan benar agar tumbuh baik.

Kedua, Anda harus bisa mengolah tanah yang Anda miliki untuk budidaya jagung manis. Pertama Anda harus mencangkul tanah yang akan Anda tanami. Cangkul sesuai lahan yang dibutuhkan, lalu diamkan dalam beberapa hari untuk diberi angin-anginan. Bersihkan lahan yang akan ditanami, seperti gulma dll.

Bersihkan lubang untuk menanam karena ini bisa menjadi faktor keberhasilan masa panen jagung manis. Berikan pupuk dan obat hama lalu campurkan ke dalam tanah tempat untuk menanam jagung manis. Buat lubang kurang lebih 7 cm, lalu beri jarak antar tanaman berkisar 30 cm x 60 cm.

Cara menanam jagung manis cukup sederhana. Setelah lahan penanaman siap, maka langkah selanjutnya Anda memasukkan bibit benih jagung ke dalam lubang yang sudah dicangkul. Disarankan Anda menanam jagung manis saat awal musim hujan. Lalu usahakan masukan bibit satu saja tiap lubang untuk menjaga kualitas tumbuhnya.

Menyulam Tanaman Jagung Manis

Setelah bibit jagung tadi sudah ditanam kurang lebih selama satu sampai dua minggu. Anda perlu memperhatikan perkembangan tumbuhan jagung manis, jika ada yang tidak tumbuh maka gantilah dengan bibit baru. Pastikan untuk melakukan pengecekan secara teratur, agar jagung manis dapat tumbuh dengan baik.

Setelah agak lama, pasti di sekitar tanaman jagung manis akan tumbuh banyak rumput. Untuk itu Anda harus membersihkannya, kalau bisa bersihkan dengan alat sederhana saja. Hindari pembersihan menggunakan pestisida, karena cara alami lebih baik digunakan dalam bercocok tanam. Supaya tanaman tidak rusak dan terjaga kualitasnya.

Masih lama untuk menunggu masa panen jagung manis datang. Anda harus bersabar karena untuk menanam sebuah tumbuhan yang akan dipanen pasti membutuhkan beberapa waktu cukup lama. Jangan lupa sehabis membersihkan rumput, lalu Anda membuat gundukan tanah. Cangkul tanah kemudian kumpulkan melingkar di tanaman, hal tersebut bisa dilakukan saat umur berkisar satu bulan.

Lalu langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah lakukan penyiraman secara teratur kepada tanaman jagung manis. Apalagi di musim kemarau, tanaman jagung manis perlu disiram secara rutin agar terjaga kelembapannya, serta mencegah tumbuhan mengalami kekurangan kadar air yang bisa membuat tanaman menjadi layu serta lama-lama mati.

Untuk menjaga tanaman agar tetap subur dan kaya akan zat terkandung di dalamnya yaitu zat hara. Dalam menjaga tanaman akan hal tersebut maka dibutuhkan sebuah pupuk. Pupuk yang bisa digunakan dalam tanaman jagung manis ada bermacam jenisnya. Dosis antara musim kemarau dan musim penghujan juga berbeda.

Panen Jagung Manis

Setelah Anda melewati langkah di atas, saatnya waktu untuk memanen tiba. Faktor yang bisa mempengaruhi waktu panen antara lain suhu lingkungan, curah hujan, keadaan tanah, serta cara merawat tanaman jagung manis itu sendiri. Semua hal itu dapat mempengaruhi waktu Anda saat memanen.

Masa panen jagung manis saat di dataran rendah bisa dikatakan lebih cepat daripada saat tanaman ini ditanam di dataran tinggi. Di musim kemarau Anda bisa memanen tumbuhan jagung manis ini selama 78 hst. Sedangkan di musim penghujan bisa lebih cepat dibanding musim kemarau, berkisar 56-60 hst.

Namun akibat ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempercepat maupun memperlambat masa panen. Oleh karena itu, jagung manis bisa dipanen di Indonesia rata-rata berkisar 60-150 hst. Tergantung dari faktor-faktor yang ada di tanaman jagung. Tetapi jika Anda memberikan pupuk secara teratur, dipastikan bisa memanen lebih cepat.

Sebelum Anda memanennya, Anda harus memperhatikan hama yang menyerang tumbuhan jagung manis. Sebaiknya Anda memakai obat hama untuk mengusir hama yang dapat menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Pengusiran hama ini bertujuan agar tanaman jagung manis yang dibudidaya oleh masyarakat bisa tumbuh secara bagus serta optimal.

Kegunaan Jagung Manis

Setelah melewati masa panen jagung manis tentunya jagung ini akan dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan. Namun paling banyak jagung ini diolah sebagai bahan makanan. Contohnya penjualan jagung manis di kalangan masyarakat bisa dikatakan banyak peminatnya. Hal ini karena jagung manis rasanya enak dan cocok sebagai cemilan.

Bagi Anda yang tidak mengetahui fungsi utama dari jagung manis adalah sebagai pencegah atau obat kanker. Di dalam jagung manis terdapat kandungan senyawa ferulik dan asam fenolik. Ini berguna dalam melawan pertumbuhan penyakit kanker, dapat mencegah penyakit kanker seperti tumor dan kanker payudara.

Jagung manis ketika dikonsumsi juga dapat mencegah anemia, karena dalam tumbuhan ini mengandung vitamin B12. Vitamin B juga berguna dalam menjaga kekebalan tubuh, jika Anda ingin tubuh Anda kebal dari penyakit, perbanyaklah makan jagung manis sekarang juga. Jagung manis juga dapat memberikan manfaat lain yang masih banyak.

Setelah Anda mengetahui beberapa tahap penanaman dan kegunaan jagung manis diatas, Anda bisa mencoba menanam untuk budidaya tanaman ini sendiri. Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup serta mempunyai bibit jagung manis bagus, karena sangat mempengaruhi masa panen jagung manis supaya bisa tumbuh optimal.

Keyword: Masa panen jagung manis

Diskripsi: Sebuah penjelasan tentang cara menanam jagung manis dan masa panen jagung manis, bertujuan untuk memberi informasi kepada Anda yang ingin budidaya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *