bibit lele

8 Tips Memilih Bibit Ikan Lele yang Unggul Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Budidaya lele adalah salah satu usaha perikanan yang paling menguntungkan, karena tergolong lebih mudah dari budidaya ikan lainnya, cepat panen dan banyak peminat dagingnya.

Dalam budidaya ikan lele, memilih bibit adalah tahap yang terpenting, karena akan menentukan sukses tidaknya tahap-tahap selanjutnya, dan pada akhirnya adalah kesuksesan budidaya ikan lele secara keseluruhan.

Dalam memilih bibit ikan lele yang unggul perlu banyak ketelitian, jika sampai membuat pilihan yang salah maka kemungkinan anda tidak akan pernah memaafkan diri sendiri. Oleh karena itu sebelum pergi ke tempat membeli bibit ikan lele, ketahui kriteria apa saja yang bisa dijadikan acuan untuk menilai kesehatan bibit lele.

Kali ini kita akan membahas ciri-ciri bibit ikan lele yang unggul dilihat dari segi warna, bentuk, gerakan dll.

  1. Warna

Warna adalah salah satu kriteria penentu sehat tidaknya bibit ikan lele yang akan kita beli.

Bibit ikan lele yang unggul pastinya terlihat cerah dan bening serta warnanya coklat tua atau hitam kemerahan. Sementara lele yang tidak unggul memiliki warna yang kusam.

  1. Tubuh Proporsional

Bibit ikan lele yang sehat memiliki bentuk tubuh yang proporsional, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus, perawakannya lurus dan seimbang.

  1. Gerakan

Seperti apa gerakan bibit lele, juga menjadi indikasi kualitas kesehatannya. Apakah lele diam saja atau bergerak kesana-kemari?

Ketika anda membeli bibit cobalah lakukan beberapa test untuk melihat gerakannya.

Pertama coba tangkap beberapa bibit ikan lele yang tersedia dan lihat apakah bisa ditangkap dengan mudah atau tidak, jika bibit-bibit yang ada sulit ditangkap karena gerakannya gesit dan licah, maka hal itu adakah pertanda bahwa bibit tersebut sehat.

Selain itu anda juga bisa meletakkan beberapa bibit ke dalam sebuah wadah yang dapat diangkat, lalu miringkan beberapa drajat, lihat apakah lele-lele tersebut bergerak melawan arus atau diam saja. Jika mereka bergerak melawan arus maka itu berarti bibit tersebut dalam keadaan sehat.

Sebaliknya bibit ikan lele yang terlihat lesu dan hanya diam di satu tempat saja biasanya di pojokkan, adalah bibit lele yang tidak unggul atau sakit.

  1. Tanpa Cacat

Pastikan bibit ikan lele yang anda pilih juga tidak memiliki cacat apapun seperti lecet pada badan, bentuk ekor atau mata yang kurang sempurna dll.

Telitilah melihat apakah bibit lele yang sedang anda amati semuanya meliki fisik yang sempurna, hal ini mungkin agak sulit karena banyaknya bibit lele tapi anda harus tetap berusaha. Pisahkan jika ada yang cacat, jika anda sampai tidak sengaja memilih bibit yang cacat maka anda akan kesulitan menjualnya, karena meskipun tidak mempengaruhi rasa lele, konsumen tentunya akan lebih memilih ikan lele yang fisiknya sempurna.

  1. Ukuran

Ukuran bibit lele menentukan dua hal, yaitu jumlah ikan yang akan anda panen dan kemudahan penjualannya.

Bagi anda yang belum tahu, lele memiliki sifat kanibal, yaitu memakan sesamanya sendiri. Tapi anda tidak perlu khawatir selama bibit yang anda pilih ukurannya sama, karena lele hanya bersifat kanibal kepada sesamanya yang memiliki ukuran lebih kecil.

Selain itu, ukuran lele juga menentukan kemudahan penjualannya setelah panen, karena ikan lele dihargai berdasarkan ukurannya, jika ukurannya seragam maka akan lebih mudah menjualnya.

  1. Induknya Berkualitas

Jangan lupa, tanyakan kepada penjual tentang riwayat kesehatan induknya dan jenis induknya.

Kualitas bibit ikan lele tentu saja mengikuti kualitas induknya secara genetik. Jika induknya mudah sakit maka anakan lele juga akan demikian, jika induknya memiliki daya tahan tubuh yang kuat, anakannya juga akan demikian.

Sebaiknya bibit lele juga tidak berasal dari perkawinan sedarah, agar meminimalisir resiko cacat genetik.

  1. Punya Sertifikat CPIB

CPIB adalah Cara Pembenihan Ikan yang Baik, yaitu sertikat yang diberikan kepada pembudidaya bibit lele yang membudidayakan bibitnya dengan cara-cara yang baik.

Jika pembudidaya bibit lele memilikinya setifikat CPIB, mintalah untuk melihatnya, dari setifikat itu anda akan tahu banyak hal tentang bibit lele yang akan anda beli, seperti riwayat kesehatannya dan jenis induknya.

  1. Asal Usul Bibit

Dalam memilih bibit anda juga harus memperhatikan asal usulnya.

Bibit yang unggul sebaiknya berasal dari budidaya benih ikan lele, karena sudah pasti debesarkan secara intensif oleh pihak-pihak yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan bibit ikan lele berkualitas dan dipilih dari indukan lele berkualitas.

Jika berasal dari budidaya khusus bibit ikan lele, maka kemungkinan bibit itu berkualitas semakin besar. Meskipun tentu saja anda masih harus memastikan sendiri, tapi hal ini sangat bisa dijadikan patokan.

Memilih bibit ikan lele yang sehat sangat penting, beberapa ciri-ciri di atas bisa dijadikan tolak ukur untuk mengetahui tingkat kesehatan bibit ikan lele. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *