8 Perlengkapan Akuarium dan Apa Saja Fungsinya

Posted on

Akuarium berfungsi untuk memelihara berbagai jenis ikan hias di dalam rumah, seperti ikan discus, ikan cupang, ikan koi dll.

Ketika kita membeli akuarium di toko perlengkapan ikan, bukan hanya tangki ikannya saja yang harus dibeli, meskipun memang tangki ikan adalah bagian yang paling menonjol, tapi selain itu ada juga perlengkapan-perlengkapan lainnya.

Anda pasti sudah tahu apa kegunaan tangki ikan yaitu untuk menampung ikan peliharaan, tapi bagaimana dengan perlengkapan-perlengkapan lainnya seperti heater, aerator atau fiter?

Agar dapat memelihara ikan dengan baik, tentunya anda harus mengetahui apa saja fungsi perlengkapan akuarium, untuk itu di sini akan kita bahas satu per satu.

  1. Fish Tank

Untuk kegunaan fish tank atau tangki ikan, rasanya tidak perlu kita bahas terlalu panjang lebar karena pasti anda sudah mengetahuinya. Karena itu di sini kita akan membahas ukuran dan jenisnya saja.

Untuk bahannya sendiri, tangki ikan dibagi menjadi dua macam, yaitu kaca dan akrilik. Tangki ikan akrilik tergolong jauh lebih mahal daripada yang berbahan kaca, namun juga lebih tahan lama dan penampilannya lebih menarik, jadi pilihlah yang sesuai budget.

Sementara untuk ukurannya terdiri dari berbagai macam, ada yang sangat kecil yang hanya mampu menampung sekitar 1 galon air dan hanya bisa untuk memelihara beberapa ikan kecil saja, serta ada juga tangki ikan berukuran besar yang muat banyak air dan banyak ikan.

Memilih ukuran tangki ikan yang sesuai adalah hal yang sangat penting, karena semakin kecil ukurannya akan semakin sulit untuk menjaga keseimbangan kemistri air, sehingga airnya harus sering diganti yang dapat mengakibatkan ikan mudah stress.

  1. Aerator

Meskipun hidup di air, ikan hias juga memerlukan oksigen yang cukup, untuk itu anda juga harus membeli aerator.

Aerator atau pompa udara berguna untuk memompa gelembung-gelembung oksigen ke dalam akuarium. Hal ini sangat penting agar ikan mendapatkan suplai oksigen yang memadai.

  1. Filter

Penahkah anda mendengar istilah amonia? Dan tahukah anda apa yang dimaksud dengan amonia? Di dalam akuarium amomia adalah zat kimia berbahaya yang dihasilkan oleh kotoran ikan, daun tanaman hias dan sisa makanan yang membusuk.

Untuk mengurangi kadar amonia di dalam akuarium anda harus memiliki filter.

Filter akuarium berfungsi untuk menyaring air sehingga mengurangi kadar amonia dan kotoran lainnya yang ada di dalam air, agar tetap sehat bagi ikan.

  1. Heater

Heater berfungsi untuk menjaga agar suhu akuarium tetap stabil dan berada dikisaran yang paling ideal bagi ikan.

Meskipun Indonesia adalah negara tropis dan rata-rata suhu udaranya sangat cocok bagi ikan, namun di bulan-bulan tertentu suhu udara di Indonesia juga bisa mencapai 18°C, di saat seperti inilah, heater atau penghangat akuarium perlu digunakan. Untuk itu, sebaiknya siapkan jauh-jauh hari.

  1. Termometer

Termometer bukan hanya berguna untuk mengukur suhu tubuh manusia atau suhu ruangan saja, tapi juga suhu air akuarium.

Suhu air akuarium juga perlu diperhatikan agar ikan tetap sehat, dan dipantau tinggi rendahnya setiap saat.

Untuk termometer khusus akuarium ada dua tipe yaitu yang penggunaannya dimasukkan ke dalam akuarium dan yang ditempel didinding luar akuarium. Pilihlah termometer yang ditempelkan ke dinding luar akuarium agar tidak mengganggu kenyamanan ikan dan lebih mudah melakukan pengecekan setiap saat.

  1. Penyangga

Biasanya akurium diletakkan di atas furnitur yang ada di dalam ruangan seperti lemari kabinet, jika ukurannya tidak terlalu besar.

Namun jika ukuran terlalu besar tentu lebih baik jangan di letakkan di atas furnitur. Untuk akuarium berukuran besar bisa diletakkan dengan menggunakan stand atau penyangga khusus akuarium.

  1. Tanaman

Selain perlengkapan untuk menjagga kesehatan ikan hias di dalam akuarium, akuarium juga perlu perlengkapan dekorasi agar terlihat lebih indah dan agar ikan tidak merasa bosan.

Ikan hias tidak hanya diam saja di dalam akuarium mereka juga punya kegiatan yang sangat penting bagi mereka. Selain berenang kesana-kemari, ikan hias juga sering melakukan permainan kejar-kejaran dengan sesamanya, dalam hal ini mereka biasanya menggunakan tanaman sebagai tempat bersembunyi.

Untuk itu anda bisa menggunakan tanaman khusus akuarium. Tanaman untuk menghias akuarium bisa berupa tanaman asli atau tanaman palsu yang terbuat dari plastik.

  1. Lampu

Lampu berfungsi untuk memberi penerangan kepada ikan terutama di malam hari, dan jika akuarium tidak berada di ruangan yang membuatnya terpapar sinar matahari langsung.

Untuk lampu akuarium, biasanya sudah dibuat menyatu dengan penutup tangki ikan.

Memahami fungsi dan cara menggunakan perlengkapan akuarium adalah hal yang sangat penting bagi anda yang tertarik untuk memelihara ikan hias, agar dapat merawat ikan hias dengan baik sehingga ikan tumbuh sehat dan berumur panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *