tips peternak

7 Tips Menjadi Peternak Sukses di Desa

Posted on

Setiap orang pasti ingin usaha yang dijalaninya meraih kesuksesan, baik itu pengusaha garmen, pengusaha otomotif dan begitu juga dengan pengusaha ternak.

Menjadi peternak juga bisa sesukses usaha lainnya, asal dijalani dengan tekun dan yang terpenting penuh keyakinan.

Keyakinan adalah modal utama memulai usaha ternak yang berpotensi meraih kesuksesan. Apalagi di era modern profesi ini sudah semakin dihindari anak muda karena banyak yang beranggapan bahwa usaha ternak tidak akan sesukses usaha lainnya. Dan di masyarakat juga masih banyak stereotype-stereotype yang melekat pada profesi ini seperti ndeso, bau, dll.

Di Indonesia usaha pertanian dan peternakan memang tidak seperti di negara-negara maju. Sehingga tingkat kesuksesannya relatif rendah, tapi yang membuat prospeknya rendah bukan karena pilihan usahanya yang salah, tapi karena hal lain.

Kenapa Usaha Ternak di Desa Jarang Sukses?

Usaha ternak di desa banyak yang tidak membuahkan hasil karena hanya dilakukan dengan ilmu seadanya, dikarenakan akses informasi di desa yang terbatas. Seperti informasi motivasi usaha, informasi cara meraih kesuksesan dll.

Budaya di desa berbeda dengan budaya di kota. Iklim usaha di desa juga tidak sekompetitif iklim usaha di kota, sehingga wajar bila orang-orang di kota jauh lebih sukses daripada di desa.

Di desa usaha peternakan hanya dilakukan sebagai sampingan saja, jangankan sukses untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih kesulitan. Tidak ada rencana bisnis yang jelas dalam menjalankan usaha peternakan di desa, sementara untuk usaha di kota segala hal dianalisis dan dikalkulasi dari segala sisi.

Selain itu juga masyarakat desa pada dasarnya tidak segiat masyarskat kota dalam mencari keuntungan usaha. Hal tersebut tentunya membuat usaha peternakan hanya jalan di tempat.

Untuk itu berikut ini beberapa tips, agar usaha di desa utamanya peternakan bisa sesukses usaha di kota.

  1. Mulailah dengan Langkah Kecil

Pada saat awal-awal kita memulai usaha peternakan pastinya ilmu yang kita miliki seputar usaha peternakan masih sangat minim. Ilmu yang sangat minim membuat peternak cenderung melakukan kesalahan.

Sesuatu yang besar dimulai dengan sebuah langkah kecil, kita tidak akan langsung sukses ketika baru memulai sesuatu, besar kemungkinan kita malah akan merugi di saat-saat awal, namun meskipun merugi yang terpenting adalah kita mendapatkan ilmu yang berharga untuk bisa menjalankan usaha dengan lebih baik.

Untuk itu mulailah dengan skala kecil dulu, misalnya mulai dengan 2 ekor ternak, lalu kumpulkan modal untuk memperbesar usaha.

  1. Belajar dari Kesalahan

Tentunya tidak ada pengusaha yang tidak pernah melakukan kesalahan.

Oleh karena itu belajarlah dari kesalahan, karena kesalahan atau pengalaman adalah guru terbaik, baik itu kesalahan diri sendiri maupun orang lain. Tidak perlu menjadikan kesalahan sebagai sumber penyesalan.

  1. Pantang Menyerah

Semua usaha pasti ada tantangannya, terutama di awal-awal ketika ilmu kita di bidang usaha yang kita jalani masih minim.

Banyak tantangan ketika memulai usaha peternakan, seperti ternak yang sakit, pemberian makan yang salah dll.

  1. Rajin Menimba Ilmu

Rajin-rajinlah menimba ilmu dari pengusaha ternak yang sudah sukses.

Jika di daerah anda ada peternak lain yang sudah lama berkecimpung bidang peternakan, anda bisa belajar darinya dan meminta dia menjadi mentor anda.

Rajin-rajinlah berdiskusi dengannya, sebuah masalah pasti akan lebih mudah dipecahkan ketika didiskusikan bersama-sama.

  1. Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Di era teknologi yang sudah berkembang pesat ini, hampir semua ilmu sudah tersedia di internet dan bisa di akses darimana saja. Banyak yang membahas tentang tips berternak di blog dan youtube.

Sebagai peternak sudah pasti anda harus memiliki ilmu perternakan yang luas, tapi apakah hanya perlu ilmu peternakan saja, untuk menjadi peternak sukses?

Untuk menjadi peternak sukses bukan cuma ilmu peternakan saja yang harus dimiliki, tapi juga ilmu marketing, ilmu keuangan, ilmu keuangan, ilmu manajemen karyawan dll. Dan semua itu sudah tersedia di internet.

  1. Jangan Hanya Mengejar Kesuksesan

Memikirkan kesuksesan dan melakukan banyak usaha untuk meraihnya tentu sangat penting, tapi masih ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu mencintai pekerjaan yang sudah kita pilih.

Cintailah profesi anda dan jalani dengan sepenuh hati, maka kesuksesan akan mengikuti.

Jangan menghalalkan segala cara untuk sukses, karena rejeki sudah ada yang mengatur.

  1. Rajin Berdoa

Terakhir dan yang terpenting adalah berdoa, karena seberapa keraspun kita berusaha jika tidak dibarengi dengan doa tidak akan membuahkan hasil yang berkepanjangan.

Jika anda berhasil menjadi peternak yang sukses di desa maka anda bisa menginspirasi orang-orang di desa untuk bisa sesukses anda, dan mematahkan anggapan bahwa memiliki usaha yang sukses di desa khusunya peternakan adalah hal yang mustahil.

Menjalankan sebuah usaha seperti peternakan lalu langsung sukses ketika baru pertama kali mencoba, hal itu hanya terjadi di negeri dongeng. Di dunia nyata kita harus melakukan banyak trial and error, belajar dari kesalahan, mencoba lagi berulang kali, sebelum akhirnya sukses.

Bukan hanya untuk diri sendiri tapi jika usaha anda sukses dan menjadi besar, anda juga bisa membantu orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *