ikan konsumsi air tawar

10 Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Paling Sering Dibudidaya

Posted on

Di Indonesia ada berbagai jenis ikan, dan pembagian jenisnya juga macam-macam, salah satunya adalah berdasarkan fungsinya yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu ikan hias dan ikan konsumsi. Untuk ikan konsumsi juga dibagi lagi menjadi berbagai macam jenis, dan yang akan kita bahas di sini adalah ikan konsumsi air tawar.

Ikan konsumsi air tawar banyak ditemukan di sungai dan sawah. Ikan ini memiliki rasa yang enak dan memiliki banyak kandungan vitamin yang baik dikonsumsi, tidak kalah dengan ikan air laut. Untuk popularitasnya juga tidak kalah digemari dibandingkan ikan air laut.

Mengetahui jenis ikan yang paling sering dikonsumsi masyarakat sangat penting bagi calon peternak ikan sebagai referensi yang berguna untuk menentukan jenis ikan mana yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan.

Berikut ini 10 jenis ikan air tawar konsumsi yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan dan mudah dipasarkan.

  1. Ikan Nila

Ikan ini memiliki warna oren yang menarik dan memiliki duri yang tajam, meskipun begitu durinya sangat mudah dipisahkan dari daging karena memiliki ukuran yang besar tidak kecil-kecil, hal ini tentunya membuat ikan nila lebih digemari daripada ikan air tawar lainnya yang durinya kecil-kecil dan tersembunyi.

Permintaan ikan nila sangat tinggi dan banyak dikonsumsi sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan.

  1. Ikan Lele

Ikan yang memiliki kumis atau sungut dan berbadan licin ini sudah menjadi hidangan khas di Indonesia secara turun-temurun. Rasanya enak dan cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat, salah satu yang palung populer adalah pecel lele.

Ikan lele juga banyak dibudidayakan oleh para peternak karena mudah beradaptasi dan mudah dipasarkan.

  1. Ikan Gurame

Gurame juga salah satu ikan yang sering dibudidayakan, ukurannya yang lebar dan dagingnya yang tebal serta tulangnya yang mudah dipisahkan dan rasanya yang enak, membuat ikan gurame menjadi kesukaan semua orang, baik untuk dikonsumsi maupun dibudidayakan.

Beberapa ciri morfologis ikan ini adalah warnanya silver memiliki sisik yang tebal dan sirip berduri yang tajam.

  1. Ikan Mas

Ikan mas atau ikan karper memiliki banyak sekali jenis, ada yang untuk dikonsumsi dan ada yang untuk dipelihara, dua-duanya sangat menguntungkan untuk dibudidayakan.

Ikan mas juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh manusia seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B1.

  1. Ikan Sepat

Adalah ikan sawah dan rawa-rawa yang berbadan kecil dan banyak ditemukan di Indonesia. Ikan ini masih satu kerabat dengan ikan gurame.

Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan sirip berwarna merah dibagian bawah. Sayangnya ikan ini memiliki tulang yang kecil-kecil dan tersembunyi sehingga harus hati-hati memakannya, meskipun begitu rasa ikan ini sangat gurih.

Selain dikonsumsi, ada juga ikan sepat yang dijadikan sebagai ikan hias, yaitu sepat siam.

  1. Ikan Gabus

Ikan ini berwarna putih di badan bagian bawah dan berwarna hitam di badan bagian atas, memiliki daging yang tebal dan duri yang sangat sedikit. Rasanya enak dan gurih.

Salah satu keunggulan dari ikan gabus adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan kandungan protein pada ikan nila, ikan lele, ikan bandeng dll.

Selain kandungan protein yang tinggi ikan ini juga mengandung zat albumin yang bisa mepercapat penyembuhan luka.

  1. Ikan Patin

Ikan ini memiliki kumis seperti ikan lele, namun ikan ini tidak panjang dan bulat seperti ikan lele. Badannya tergolong lebar berisi dengan panjang sedang. Warnanya adalah silver.

Dagingnya memiliki kandungan kalori dan protein yang tinggi. Cocok dijadikan berbagai olahan lezat, seperti gulai ikan patin hingga fish and chips.

  1. Ikan Bawal

Ikan bawal memiliki rasa yang enak dan banyak mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin B6, B12, kalsium, fosfor, zat besi dll.

Untuk ciri morfologisnya, ikan bawal memiliki tubuh yang pipih dan lebar, dengan warna khas keperak-perakan. Diperkirakan berasal dari Hawaii dan Amazon.

  1. Ikan Belut

Belut adalah ikan yang berbentuk kecil panjang berbadan licin, terkenal memiliki gizi yang melimpah dan digemari oleh anak-anak dan orang tua.

Ikan ini menguntungkan untuk dibudidayakan karena memiliki harga yang tinggi, namun meskipun memiliki harga yang tinggi ikan ini tidak pernah sepi peminat.

  1. Ikan Sidat

Sidat bentuknya hampir seperti belut, tapi sedikit lebih besar. Ikan ini terkenal hanya mau hidup di air bersih, sehingga tentunya dagingnya sangat bergizi dan higenis.

Seperti belut ikan ini juga memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran daripada ikan lainnya.

Demikian jenis-jenis ikan konsumsi air tawar yang sering ditemukan di Indonesia. Ikan konsumsi air tawar memiliki beragam jenis dan manfaatnya juga beragam seperti untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh manusia dan untuk dibudidayakan demi menghasilkan keuntungan materi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *