hewan ternak menguntungkan

10 Hewan Ternak Paling Menguntungkan untuk Budidaya

Posted on

Daging hewan memang sudah menjadi salah satu menu makanan favorit orang-orang di seluruh dunia, karena itu sejak jaman nenek moyang hewan ternak sudah sering dibudidayakan.

Usaha peternakan adalah upaya memelihara dan mengembangbiakkan hewan untuk diambil hasilnya berupa daging, susu dll, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri makanan, rumah tangga dan sejenisnya. Industri ternak memiliki potensi omzet puluhan juta hingga milyaran rupiah per tahun, tergantung skala peternakannya.

Hewan apa saja yang paling menguntungkan untuk diternak? Jika ada pertanyaan seperti itu, pasti salah satu jawabannya adalah kambing, sapi dan ayam.

Karena hewan-hewan tersebut memang memiliki pangsa pasar yang sangat luas, jadi tidak pernah sepi peminat. Tentunya tidak akan ada peternak yang mau membudidayakan hewan yang tidak memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan.

Industri peternakan di Indonesia tentunya sudah semakin berkembang pesat, meskipun hasilnya masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan produk ternak nasional.

Ada banyak sekali hewan yang bisa dijadikan ternak. 10 Hewan berikut ini sangat cocok dijadikan pilihan bagi anda yang ingin memulai usaha peternakan.

  1. Ayam

Hewan pertama di daftar ini tentunya adalah ayam, makanan sejuta umat.

Ayam adalah hewan yang paling banyak diternak di semua negara di dunia termasuk di Indonesia, karena memiliki banyak kemudahan. Yaitu mudah didapatkan, mudah mencari pakannya dan mudah perawatannya.

Ayam bisa dijadikan sebagi ayam petelur atau ayam pedaging, tergantung jenis dan kelebihannya.

Khusus peternakan ayam dalam skala kecil seperti di kampung-kampung, bahkan untuk mendapatkan pakan ayam tidak perlu mengeluarkan biaya, karena sudah tersedia secara alami di alam bebas.

Ayam kampung biasanya dilepas untuk mencari pakan sendiri, dan ketika sore mereka kembali ke kandangnya.

  1. Kambing

Kambing adalah hewan pemakan rumput, yang sering dibudidayakan untuk diambil dagingnya ataupun susunya.

Daging kambing memiliki citarasa yang khas sehingga banyak peminatnya. Kambing paling banyak diminati ketika hari raya Idul Adha. Namun ketika bukan hari raya pun kambing masih memiliki banyak peminat.

  1. Sapi

Sapi adalah hewan yang tergolong memiliki gizi tinggi, karena hal itu harganya juga jauh lebih mahal dari hewan ternak lainnya.

Sapi menghasilkan daging yang dapat dijadikan berbagai olahan lezat. Selain daging, sapi juga terkenal sebagai hewan penghasil susu. Selain kambing, sapi juga sering dijadikan hewan kurban.

  1. Kelinci

Kelinci adalah hewan pemakan rumput yang memiliki penampilan yang lucu sehingga sering dijadikan hewan peliharaan, namun selain itu kelinci juga memiliki daging yang enak sehingga sering juga dijadikan sebagi hewan ternak.

Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar. Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa.

  1. Bebek

Bebek adalah hewan unggas yang gemar mencari makan di air, misalnya berupa keong. Di pedesaan bebek yang dilepas akan selalu mencari sumber air, seperti sawah, sungai dan rawa-rawa.

Bebek juga salah satu hewan yang sering diternakan untuk diambil dagingnya ataupun telurnya. Bebek memiliki daging yang kenyal dan gurih dan bergizi tinggi.

  1. Entog

Entog juga salah satu hewan unggas yang sering diternak, ia masih tergolong saudara dekat itik atau bebek, ia juga gemar mencari makan dan mandi di air sungai, sawah atau rawa-rawa.

Bentuk badannya lebar kesamping dan berisi, kakinya pendek namun badannya tergolong tinggi, sehingga memiliki daging yang tebal dan kenyal. Warna bulunya hitam di bagian badan atas dan sayap serta putih di bagian badan bawah.

  1. Burung

Burung adalah salah satu hewan unggas yang bisa terbang dan umumnya hidup di pohon-pohon.

Ada banyak sekali jenis burung yang bisa diternakan, dari burung hias hingga burung konsumsi.

Salah satu burung yang paling sering diternak untuk diambil telur maupun dagingnya adalah burung puyuh.

  1. Ikan

Ikan adalah hewan yang hidup di air, baik air laut maupun air tawar.

Ikan yang dapat dibudidayakan juga terdiri dari ikan hias dan ikan konsumsi.

Budidaya ikan hias lebih banyak dilakukan di akuarium, namun ada juga yang di kolam. Sementara ikan konsumsi biasanya dibudidayakan di kolam.

  1. Semut Rangrang

Siapa sangka ternyata ada juga semut yang bisa dibudidayakan, contohnya adalah semut rangrang.

Semut rangrang berbeda dengan jenis semut kebanyakan, karena bisa menghasilkan kroto yang bisa dijual untuk dijadikan makanan burung, sehingga sangat menguntungkan untuk diternak.

  1. Lebah Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sering dimanfaatkan sebagai obat atau juga dikonsumsi sehari-hari, selain itu madu juga memiliki harga yang mahal sehingga memberikan banyak keuntungan bagi produsennya.

Karena itulah, lebah madu juga sering diternak karena kemampuannya dalam menghasilkan madu.

Ada banyak sekali hewan yang bisa dijadikan ternak, dari hewan ternak konsumsi hinggga hewan ternak hias. Ada hewan yang umum dan sering diternak seperti ayam, dan ada juga hewan yang tidak disangka ternyata bisa dijadikan ternak seperti lebah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *